Select Menu

sponsor

Select Menu

Favourite

Jawa Timur

Wisata

Culture

Transportasi Tradisional

Rumah Adat

Bali

Pantai

Seni Budaya

Kuliner

» » Candi Borobudur


Uong Jowo 8:29 AM 0

Borobudur memiliki 10 tingkat dan punden berbentuk tangga . kaki Borobudur melambangkan Kamadhatu, yang di dunia masih didominasi oleh kama atau " nafsu rendah " . Bantuan cerita di sini disebut Kammawibhangga dan memiliki 160 lega panel . Empat lantai atas dengan dinding berelief yang disebut Rupadhatu , yang berarti dunia yang telah mampu membebaskan diri dari nafsu namun masih terikat cara dan bentuk . kelima untuk ketujuh lantai dinding tidak berelief dan disebut Arupadhatu yang berarti tidak berupa atau tidak berwujud . Pada tingkat ini terdapat patung Buddha ditempatkan dalam sebuah berlubang stupa . Level tertinggi yang menggambarkan kurangnya bentuk diwakili dalam bentuk yang terbesar dan tertinggi stupa . Mengenai stupa utama ada banyak spekulasi tentang hal itu , terutama tentang isinya . Perlu diingat , bahwa stupa utama adalah berongga dalam. Residen Kedu , Hartmann , ketika melakukan penelitian di 1835-1842 tidak pernah tertangkap oleh penduduk setempat untuk membawa benda-benda dibungkus saputangan dan tidak pernah melepaskannya . Sangat mungkin bahwa itu adalah emas patung dari Stupa induk . Yang lain mengatakan bahwa itu adalah belum selesai Buddha patung ( berbasis serat Centhini yang ditulis sebelum Hartmann datang untuk pertama kalinya ke Borobudur ). Namun , berdasarkan buku Raffles , History Of Java stupa slice gambar yang kosong. Hal ini diperkuat dengan penemuan tersebut pondasi ( dasar) patung di dalam stupa utama .



Lain yang menarik tentang Borobudur adalah spekulasi bahwa Borobudur dibangun di tengah danau . Helmy Murwanto , seorang ahli geologi asli Muntilan , melakukan penelitian tentang tanah di sekitar Borobudur dan menemukan tanah liat dengan air isi serbuk sari tanaman . Darisinilah ia menyimpulkan bahwa Borobudur danau membanjiri daerah di masa lalu 22 000 hingga 660 tahun yang lalu . Sementara itu, Borobudur dibangun oleh Sailendra dinasti Samaratungga dari yang diperkirakan atau 800 SM atau sekitar 1.200 tahun yang lalu .
 

Van Erp , insinyur Belanda yang pernah memimpin pemugaran Candi Borobudur periode 1907 - 1.911 , mengatakan bahwa tidak ada satu prasasti mengatakan bahwa keberadaan danau wilayah Kedu . Namun , banyak arkeolog menemukan ada Borobudur danau , tetapi banyak masa sebelum Candi Borobudur ada . Misteri lain tentang Borobudur adalah tentang bentuk dari puncak utama stupa . Sejak ditemukan , Borobudur stupa sudah runtuh dan penemuan penyusunnya batuan membuat banyak arkeolog mereka tentang bentuk yang sebenarnya . Dan terakhir misteri tentang Borobudur adalah tentang arsitek. Ini fenomenal bangunan arsitek tidak pernah ditemukan dalam kitab kerajaan prasasti . 
  
Candi Borobudur sering dipengaruhi oleh letusan Gunung Merapi , gempa bumi yang pernah dibom pada 21 Januari 1985 ( hampir setahun sejak pemugaran selesai pada tahun 1984 membantu UNESCO ). Dan sekarang , ancaman terbesar adalah Candi Borobudur peringkat saja . Beberapa penelitian telah menyimpulkan bahwa Borobudur menghasilakn kelebihan beban dan mengancam untuk mengatur, maka pemerintah memutuskan untuk melarang pedagang kaki lima yang digunakan untuk menjual dapat berkeliaran dengan bebas di dalam kuil . ancaman lain adalah jumlah pengunjung yang berani naik ke beberapa berongga stupa dengan menyentuh beberapa bagian dari Buddha tubuh. ini membuat alas tersebut patung dengan teratai motif aus atau rusak karena abrasi alas kaki jutaan pengunjung selama beberapa dekade .

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments

Leave a Reply