Select Menu

sponsor

Select Menu

Favourite

Jawa Timur

Wisata

Culture

Transportasi Tradisional

Rumah Adat

Bali

Pantai

Seni Budaya

Kuliner

» » Menara Big Ben Yang Terkenal


Uong Jowo 5:17 PM 0

Big Ben adalah sebuah menara jam terkenal yang dibangun dengan gaya Gothik Victoria, terletak di ujung Gedung Parlemen di Westminster, London, Inggris.
Dahulu, Istana Westminster dengan menara jamnya yaitu Big Ben adalah tempat tinggal para raja dan ratu, kemudian berubah fungsi menjadi gedung parlemen Inggris.
Nama lain Menara Big Ben adalah The Tower of Big Ben, atau Menara Santo Stephen.
Big Ben merupakan menara jam bersisi/ berwajah empat terbesar kedua didunia setelah Menara Jam Allen-Bradley di Milwaukee, Wisconsin. Karena Menara Jam Allen-Bradley tidak memasang lonceng pada jamnya, maka Menara Jam Big Ben memegang rekor sebagai yang nomor satu terbesar untuk kategori sebagai menara jam bersisi/ berwajah empat dengan lonceng. Big Ben adalah nama kecil dari lonceng yang terletak di dalam menara, dulu namanya adalah Great Bell.
Big Ben mulai beroperasi pada tanggal 31 Mei 1859 dan untuk pertama kali dibunyikan pada tanggal 11 Juli 1859. Big Ben telah menjadi lambang Kota London dan Negara Inggris diseluruh dunia.

Struktur Big Ben
Pada tanggal 22 Oktober 1834, dimalam hari terjadilah kebakaran yang menghanguskan Istana Westminster, kemudian Istana Westminster yang baru dibangun kembali dan pembuatan menara adalah sebagai bagian dari rencana pembangunan istana baru oleh Charles Barry. Menara ini kemudian dikenal dengan nama Big Ben, yang mempunyai ciri struktur sebagai berikut :
-Menara dibangun di atas tanah berukuran 15 m x 15 m
-Pondasi dari beton setebal 3 meter dengan kedalaman 4 m dibawah permukaan tanah
-Tinggi menara adalah 96,3 meter (± 316 kaki)
-Pada ketinggian 61 meter dibawah jam terbuat dari bata yang dilapisi oleh batu
-Puncak menara ditopang dengan rangka besi
-Sisi-sisi dari jam tingginya 55 meter dari atas tanah

Perubahan kondisi tanah sejak pembangunannya menyebabkan Menara Big Ben sedikit miring kearah barat laut ± 220 mm. Setiap tahunnya Menara Big Ben mengalami kemiringan beberapa milimeter ke arah timur dan barat dikarenakan efek thermal.

Jam dan Lonceng Big Ben
Augustus Pugin adalah orang yang mendesain Jam dan Lonceng Big Ben.
Jam ini terkenal karena ketepatannya, pendesainnya adalah seorang pengacara dan horologis amatir yaitu Edmund Beckett Denison dan George Airy, seorang Astronom Kerajaan. Jam ini dibuat oleh Edward John Dent dan selesai dibuat pada tahun 1854, namun Menara Big Ben baru selesai dibuat pada tahun 1859.
Jam diletakkan didalam sebuah kerangka besi berukuran 7 m, ditopang dengan 312 kepingan kaca opal sehingga mirip seperti jendela berwarna. Jam Big Ben memiliki jarum pendek (waktu jam) sepanjang 2,7 m dan jarum panjang (waktu menit) sepanjang 4,3 m. Lonceng raksasa Jam Big Ben berbobot hampir 14 ton dan dilapisi seluruhnya dengan emas. Pada bagian sisi bawah jam, terdapat tulisan : Domine Salvam Fac Reginam Nostram Victoriam Primam, yang artinya : Oh Tuhan, lindungi Ratu Victoria yang Pertama.

Berkunjung Ke Menara Big Ben
Berangkat dari Jalur Kereta Api District Line, turun di Stasiun Westminster.
Berangkat dari Jalur Kereta Api Jubilee Line, turun di Stasiun Westminster.
Setelah turun di Stasiun Westminster, naik eskalator dan melihat Big Ben.

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments

Leave a Reply