Select Menu

sponsor

Select Menu

Favourite

Jawa Timur

Wisata

Culture

Transportasi Tradisional

Rumah Adat

Bali

Pantai

Seni Budaya

Kuliner

» » Menara Eiffel Awalnya Mendapat Kritikan


Uong Jowo 5:22 PM 0

Menara Eiffel terletak dilapangan Champ de Mars disisi Sungai Seine, Kota Paris, Negara Perancis. Menara Eiffel (dalam bahasa Perancis: Tour Eiffel (tuʀ ɛfɛl)) adalah sebuah menara yang terbuat dari bahan besi. Menara ini mulai dibangun pada tahun 1887 dan diresmikan pada tanggal 31 Maret 1889 dengan nama menara : Eiffel, kata Eiffel diambil dari nama perancangnya yaitu Alexandre Gustave Eiffel, menara dibuka untuk umum pada tanggal 6 Mei 1889.
Menara Eiffel dibangun dalam rangka Pameran Sedunia pada tahun 1889, yaitu sebuah Pekan Raya Dunia yang bertepatan dengan 100 tahun Revolusi Perancis. Pada awal dibangun, Menara Eiffel mendapat banyak kritikan dari masyarakat, kalangan intelektual dan komunitas seni di Paris karena dianggap mengganggu pandangan mata.
Menara Eiffel memiliki izin berdiri selama 20 tahun, maka pada tahun 1909 ketika masa izinnya telah berakhir Pemerintah Daerah Paris berencana akan merobohkannya, namun hal tersebut tidak jadi dilakukan karena menara ini ternyata terbukti mendatangkan keuntungan dari segi komunikasi, yaitu antena pada menaranya dapat digunakan untuk keperluan telegram.
Pada tahun 1910 menara ini menjadi bagian dari Pelayanan Waktu Internasional. Pada tahun 1918 Radio Perancis memanfaatkan menara ini dan kemudian pada tahun 1957 televisi Perancis juga memanfaatkan menara ini. Militer Perancis juga memanfaatkan menara ini didalam pertempurannya. Saat ini, berbagai perusahaan televisi Perancis memasang antena mereka di puncak Menara Eiffel.

Kini, selain sebagai simbol Kota Paris, Menara Eiffel juga menjadi tempat tujuan wisata, setiap tahunnya jutaan turis dari seluruh dunia datang untuk menyaksikan Menara Eiffel.
Dari atas Menara Eiffel, pemandangan Kota Paris dapat dilihat sangat luar biasa. Satu jam sebelum matahari terbenam pengunjung dapat melihat pemandangan Kota Paris yang luar biasa.

Struktur Menara Eiffel
Menara dibangun dengan menggunakan 300 orang pekerja. Bahan yang digunakan adalah besi dan paku. Pondasi menara dibuat dari beton bertulang dan berat struktur besi menara adalah 7.300 ton, berat keseluruhan struktur menara jika termasuk berat komponen non besi adalah sebesar 10.000 ton.
Tinggi menara dari tanah sampai tiang bendera adalah 312,27 meter. Tinggi menara dari tanah sampai antena adalah 324 meter.
Menara Eiffel terdiri dari 3 (tiga) tingkat, mempunyai 1652 anak tangga (sampai dipuncak) dan 2 buah lift untuk menuju ke tingkat dua.
Menara dilengkapi dengan penerangan, yang terdiri dari 352 proyektor berkekuatan 1.000 watts dan berkedip setiap setengah jam dimalam hari, menara dilengkapi juga dengan 20.000 bola lampu dan 800 lampu disko. Dipasang juga 4 buah lampu laser xenon yang berkekuatan 6.000 watts yang berputar secara permanen di puncak menara, tujuan dipasangnya lampu laser agar suasana menara kelihatan hidup.

Renovasi Dan Cat Ulang Menara Eiffel
Menara Eiffel juga memerlukan perawatan, setiap 7 tahun sekali kerangka besi menara direnovasi dan dicat ulang dengan cat sebanyak 50 ton, tujuannya agar kerangka menara tidak berkarat dan menarik jika dilihat. Pekerjaan renovasi ini dikerjakan oleh pekerja yang menguasai olahraga akrobatis dan alpinis.

Menara Eiffel Sebuah Hasil Karya
Menara Eiffel adalah sebuah hasil karya yang luarbiasa, awalnya mendapat banyak kritikan dalam pembangunannya dan akhirnya menjadi sebuah tempat tujuan wisata dunia, serta menjadi sebuah simbol kebesaran Negara Perancis dan juga menjadi kebanggaan dunia.

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments

Leave a Reply