Select Menu

sponsor

Select Menu

Favourite

Jawa Timur

Wisata

Culture

Transportasi Tradisional

Rumah Adat

Bali

Pantai

Seni Budaya

Kuliner

» » » Wisata Ke Hongkong


Uong Jowo 9:27 AM 0

Hong Kong, dalam Bahasa Mandarin disebut Xiānggǎng (baca : Siāngkǎng).
Hong Kong adalah bagian dari Negara Republik Rakyat Cina dan Hong Kong adalah salah-satu dari dua Daerah Administratif Khusus yang terdapat di Negara Republik Rakyat Cina, satunya lagi yang mempunyai status sebagai Daerah Administratif Khusus adalah Makau.
Hong Kong sebelum diserahkan kembali kepada Pemerintahan RRC adalah merupakan koloni dari Pemerintahan Britania Raya (Inggris), selama 99 tahun lamanya Hong Kong disewakan kepada Britania Raya, yaitu sejak tanggal 1 Juli 1898 dan berakhir pada tanggal 30 Juni 1997, pada tanggal 1 Juli 1997 Hong Kong diserahkan kembali ke Pemerintah Republik Rakyat Cina serta diberi status sebagai Daerah Administratif Khusus.
Di bawah kebijakkan Satu Negara Dua Sistem, Hong Kong memperoleh otonomi dari Pemerintah RRC. Otonomi yang diberikan tersebut seperti pada sistem hukum, mata uang, imigrasi, bea cukai dan peraturan jalan yang tetap berjalan di jalur kiri. Otonomi ini berlaku di Hong Kong untuk selama (minimal) 50 tahun terhitung mulai dari tahun 1997.
Sedangkan untuk urusan yang berhubungan dengan masalah pertahanan nasional dan hubungan diplomatik, ditangani langsung oleh Pusat Pemerintahan Cina di Beijing.
Hongkong adalah kota yang terdiri dari beberapa pulau, seperti Hong Kong Island, Lantau Island dan Hong Kong Kowloon. Hong Kong adalah salah-satu kota wisata dunia, sebuah kota metropolitan yang modern yang menjadi pusat perdagangan, industri, jasa dan keuangan.

Di Hong Kong terdapat banyak sekali tempat-tempat wisata yang dapat dikunjungi oleh wisatawan. Beberapa lokasi wisata di Hong Kong yang dapat dikunjungi, antara lain :

Victoria Peak
Victoria Peak terletak di bagian barat daya Hong Kong. Victoria Peak adalah sebuah tempat yang berada pada puncak gunung Victoria. Victoria Peak berada pada ketinggian 552 meter di atas permukaan laut dan merupakan gunung tertinggi di Pulau Hong Kong.
Victoria Peak terkenal karena pemandangan alamnya yang indah, sehingga menarik berjuta-juta wisatawan untuk datang kesini. Dari Victoria Peak dengan menggunakan teropong yang tersedia di pelataran atas The Peak Tower, wisatawan dapat melihat pemandangan indah Hong Kong dengan gedung-gedung pencakar langitnya dan Semenanjung Koowloon.
The Peak Tower adalah sebuah menara yang dirancang berbentuk sebuah lingkaran dengan sisi lurus pada bagian atasnya, menara ini berlantai 7 (tujuh) terletak di Victoria Peak.
The Peak Tower adalah juga merupakan tempat pemberhentian paling terakhir dari Peak Tram, yaitu sejenis angkutan penumpang.
Di The Peak Tower terdapat beberapa atraksi yang dapat dinikmati oleh wisatawan, seperti Hong Kong’s Historia Adventure, Museum Patung Lilin Madame Tussaud’s dan Ripley's Believe It or Not! Odditorium.
Untuk mengunjungi Victoria Peak, wisatawan dapat menggunakan Peak Tram, kereta atau melalui jalan jalan biasa.

Avenue of Stars
Avenue of Stars sering juga disebut sebagai Hollywood dari Timur. Avenue of Stars adalah sebuah tempat yang dirancang untuk mengenali kontribusi industri film dalam mempromosikan Hong Kong sebagai sebuah tujuan di seluruh dunia. Di Avenue of Stars terdapat patung Bruce Lee, aktor bela diri terkenal yang karirnya telah mendunia. Patung Bruce Lee ini terbuat dari perungu setinggi 2 meter dan merupakan salah-satu daya tarik bagi wisatawan lokal maupun dari luar negeri.
Avenue of Stars terletak di Tsim Sha Tsui promenade, jika wisatawan berkunjung pada malam hari maka akan melihat keindahan Kota Hong Kong yang dihiasi dengan berbagai lampu warna-warni yang sangat menarik.

Causeway Bay
Causeway Bay terletak di Hong Kong Island. Causeway Bay adalah merupakan pusat perbelanjaan di Hong Kong Island, disini terdapat banyak mal-mal dengan harga barang yang terjangkau.
Causeway Bay terkenal sebagai tempat favoritnya TKW dari Indonesia, pada hari minggu banyak sekali TKW Indonesia berada disini.
Untuk menuju Causeway Bay, dari Kowloon wisatawan dapat menggunakan feri di kawasan Avenue Stars, Tsim Sha Tsui.

Stanley Market
Stanley Market adalah sebuah tempat perbelanjaan yang terdiri dari toko-toko kecil. Disini wisatawan bisa membeli perhiasan, pakaian tradisional China, kain sutra, kerajinan tangan, suvenir dan banyak lagi lainnya. Stanley Market merupakan satu dari sekian banyak tempat di Hong Kong yang menjadi tujuan utama wisatawan luar negeri.

Ocean Park
Ocean Park adalah sebuah taman bermain yang paling populer. Menurut versi majalah pada bulan Juni tahun 2006, taman bermain ini menempati rangking ke-7 di dunia sebagai taman bermain terpopuler di dunia. Taman bermain ini mempunyai bermacam-macam permainan dan atraksi, seperti Aquarium ubur-ubur, Aquarium ikan Hiu, Aquarium memanjang dengan lebih dari 2000 jenis ikan.
Di Ocean Park terdapat juga kereta gantung terpanjang nomor dua di dunia. Kereta gantung ini menghubungkan dari satu tempat ke tempat yang lainnya di dalam area taman bermain.

Repulse Bay
Repulse Bay adalah sebuah pantai yang spektakuler, terletak di sebelah selatan Hongkong Island. Di pantai ini banyak kegiatan yang dapat dilakukan oleh wisatawan, seperti bersantai, berenang, melakukan olahraga air. Ketika sore menjelang, wisatawan bisa menyaksikan indahnya matahari terbenam (sunset).
Disekitar pantai banyak terdapat supermarket, cafe dan hotel. Terdapat juga menara mercusuar yang biasa dijadikan sebagai tempat untuk berfoto-foto.

Hong Kong Wetland Park
Hong Kong Wetland Park terletak di daerah sebelah utara dari Tin Shui Wai. Hong Kong Wetland Park adalah sebuah kawasan yang masih alami, disini wisatawan dapat melihat dan mengamati alam.
Hong Kong Wetland Park mempunyai koleksi tumbuhan dan binatang, seperti buaya, burung-burung langka. Tempat ini setiap hari Selasa tutup.
Di Hong Kong Wetland Park terdapat theater, ruang pameran, ruang sumber pengetahuan untuk alam, tempat bermain anak-anak, toko suvenir dan terdapat juga food court.

Aberdeen Country Park
Aberdeen Country Park adalah taman alam tertua Di Hong Kong, terletak di bagian ujung selatan Hong Kong Island. Taman ini dibuka pada tahun 1931 dengan luasnya 423 hektar.

Wisata Muslim
Di Hong Kong terdapat masjid- masjid yang sudah cukup tua umurnya, seperti :
Masjid Jamiah
Masjid Jamiah sudah berdiri sejak tahun 1915, masjid ini terletak di Shelley Street, Central District. Masjid Jamiah ini mempunyai keunikkan, keunikkannya yaitu masjid ini didirikan di puncak bukit dan untuk menaikinya wisatawan dapat menggunakan eskalator. Masjid ini selalu ramai dikunjungi.
Masjid Ammar
Masjid Ammar bangunannya berlantai delapan, terletak di kompleks Osman Ramju Sadick Islamic Centre. Masjid ini cukup unik, uniknya Masjid ini tidak memiliki kubah dan hanya mempunyai satu menara.
Masjid Kowloon
Masjid Kowloon bangunannya berlantai empat, terletak di Tsim Sha Tsui, Kowloon. Masjid Kowloon mempunyai empat menara dan satu kubah. Masjid Kowloon dibangun dengan gaya arsitektur tradisional.
Islamic Centre
Islamic Centre terletak di Tsim Sha Tsui, Kowloon.


Masih banyak lagi tempat-tempat wisata yang dapat dikunjungi di Hong Kong, seperti The Zenhai Park, The Expo Promenade atau Golden Bauhinia Square, Lamma Island, Disneyland, Kowloon Park, Taman Laut Hong Kong.

Transportasi Hong Kong
Hong Kong memiliki sistem transportasi yang modern, seperti bus dua tingkat, taksi, kereta api, MTR (kereta bawah tanah), kereta tram dua tingkat dan feri.
Untuk transportasi udara, Hong Kong dilayani oleh Bandara Internasional Hong Kong di Chek Lap Kok atau terletak di Lantau. Sebelumnya, transportasi udara di Hong Kong dilayani oleh Bandara Internasional Kai Tak pada tahun 1998.
Untuk penerbangan dari Jakarta ke Hongkong, memerlukan waktu tempuh sekitar 6 jam.

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments

Leave a Reply