Select Menu

sponsor

Select Menu

Favourite

Jawa Timur

Wisata

Culture

Transportasi Tradisional

Rumah Adat

Bali

Pantai

Seni Budaya

Kuliner

» » Batik Mahakarya Indonesia


Uong Jowo 9:53 AM 0

Jadi kesenian batik ini di Indonesia telah dikenal sejak zaman Majapahit pekerjaan dan tumbuh dengan kerajaan dan selanjutnya raja . mulai menyebarkan seni batik milik rakyat Indonesia dan khususnya suku Jawa ialah setelah akhir kedelapan belas abad atau awal abad kesembilan belas

Diproduksi batik batik adalah semua sampai awal abad kedua puluh dan batik cap dikenal baru setelah perang dunia persatuan keluar atau sekitar tahun 1920. sehubungan dengan penyebaran Islam. Banyak daerah di Jawa batik pusat adalah daerah Batik siswa dan kemudian menjadi alat perjuangan ekonomi oleh Muslim pedagang tokoh terhadap perekonomian Belanda .

Batik art adalah seni gambar pada kain untuk pakaian yang menjadi salah satu keluarga budaya Indonesia raja tua. Awalnya batik dikerjakan hanya terbatas dalam kraton saja dan hasil untuk berpakaian raja dan keluarga serta para pengikutnya . Karena banyak dari pengikut raja yang tinggal di luar istana, seni batik dibawa oleh mereka keluar kraton dan bekerja di tempat masing-masing . Panjang seni batik ini ditiru oleh orang terdekat dan selanjutnya meluas menjadi pekerjaan kaum wanita dalam rumah tangganya untuk mengisi waktu senggang . Selanjutnya , batik pakaian yang digunakan hanya keluarga kerajaan , kemudian menjadi sebuah populer rakyat pakaian , baik perempuan dan laki-laki . kain putih yang dipergunakan waktu itu adalah dengan hasil tenunan sendiri . Sedang bahan pewarna yang digunakan terdiri dari tanaman asli Indonesia yang dibuat sendiri antara lain dari : noni pohon , tinggi, soga , nila , dan bahan-bahan yang terbuat dari soda abu soda , serta garam dibuat dari lumpur .


Sekarang budaya batik di Indonesia masih dipertahankan . Bahkan, setiap daerah memiliki keunikan masing-masing ganti pola . Dengan berdirinya dari UNESCO , Indonesia juga membanggakan diri sebagai pewaris batik budaya yang diakui di seluruh dunia .

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments

Leave a Reply

.