Select Menu

sponsor

Select Menu

Favourite

Jawa Timur

Wisata

Culture

Transportasi Tradisional

Rumah Adat

Bali

Pantai

Seni Budaya

Kuliner

» » OBJEK WISATA DI NUSA TENGGARA BARAT


Uong Jowo 9:00 PM 0


Nusa Tenggara Barat merupakan provinsi yang terletak di sebelah timur pulau Bali yang keindahan pantai, alam dan bangunan bersejarahnya tidak kalah indah dengan pulau Bali, pantai-pantainya banyak selalu dikunjungi oleh wisatawan lokas dan asing, karena keindahan dan masih alami alamnya, sarana dan prasarana penunjang ke objek wisata sudah memadai dengan ada pembangunan baik transportasi, penginapan dan lainnya. Cobalah untuk datang sesekali, maka dijamin Anda akan ingin untuk kembali lagi, Lagi dan lagi karena menikmati kenyamanan, kesejukan, ketenangan dan keindahan alam di sana.




PANTAI SENGGIGI


Pantai Senggigi merupakan salah satu pantai terindah yang ada di Provinsi Nusa Tenggara Barat yang selalu banyak dikunjungi oleh wisatawan lokal dan asing. Orang sering menyebut senggigi sebagai pattaya di thailand. Tetapi ada juga banyak orang menyamakan senggigi sebagai pantai kuta di Bali.

Keindahan Pantai Senggigi
Bukit Yang Mengelilingi Pantai Senggigi
Terletak 10 kilometer dari mataram, senggigi adalah yang tertua dan paling terkenal resort lombok. Ini bisa disebut sebagai "ikon" pariwisata lombok. Pantai yang panjang, lebih lama dari daerah Kuta Bali, mampu menampung ribuan wisatawan simultaneously.suitable untuk acara pantai kolosal.

Senggigi memiliki pasir putih bersih, gelombang cocok untuk surfing, dan pemandangan bawah laut menggemaskan. Puluhan hotel kelas bintang, dan homestay tersedia di sini. Ada juga toko buku dan toko-toko seni yang menjual berbagai kerajinan seperti topeng, keramik, patung, lukisan, dan lainnya

Pernak-pernik unik. Di mana-mana Anda dapat dengan mudah menemukan akal-memanjakan kafe dan restoran yang menyajikan masakan dari Eropa, Asia, amerika dan tentunya tradisional Lombok makanan "Pelecing Kangkung".

Setiap sore sebelum matahari terbenam, pemandangan di Senggigi spektakuler. Para pengunjung bahagia menunggu saat itu.



PANTAI KUTA LOMBOK


Pasir Putih di Pantai Kuta
Di bagian selatan Lombok Tengah, ada deretan pantai yang panjang. Salah satunya adalah Pantai Kuta. Sekali dalam setahun pantai ini ramai oleh orang-orang untuk merayakan Festival Bau Nyale. Bau Nyale adalah perayaan untuk memperingati pengorbanan seorang putri yang membiarkan dirinya ditelan oleh laut ganas untuk menghindari perang sipil terjadi. Dengan kehendak Tuhan, dia berubah menjadi Nyale, sejenis cacing laut. Cacing ini kemudian akan muncul ke pantai hanya untuk jangka waktu tertentu, yaitu antara waktu bulan Februari-Maret. Munculnya putri dalam bentuk Nyale adalah apa yang dirayakan sebagai festival Bau Nyale.


Keindahan Alam Pantai Kuta
Pantai Kuta memiliki pasir putih eksotis. Ini berbentuk seperti butiran merica dan tidak mungkin untuk menemukan di daerah wisata pesisir lainnya. Ini semacam pasir merica seperti itu membuat sebagian besar pengunjung menikmati waktu di pantai begitu lama. Selain pasir yang unik, pantai ini juga memiliki deretan bukit-bukit yang menjulang tinggi, menciptakan campuran warna yang indah air biru dan pantai berpasir putih. Banyak investor memiliki sekilas atas daerah ini. Apalagi ketika Bandara Internasional Lombok mendatang telah beroperasi, dari bandara hanya 15 menit dari Kuta.

Disini setiap jenis akomodasi lengkap, dari homestay sampai dengan hotel kelas bintang. Pantai Kuta dan daerah sekitarnya kini dirancang untuk menjadi tujuan yang sama dengan Nusa Dua di Bali sebagai rencana pengembangan pariwisata terpadu. Dalam MICE (Pertemuan, Insentif, Konvensi, Exhibilition) akan menjadi ujung tombak.


GILI TRAWANGAN


Gili Trawangan
"Semuanya indah dan menyenangkan di sini. Seperti surga kecil," kata Edeline 22 tahun, seorang wanita berambut pirang dari Jerman, seperti dikutip oleh harian Kompas, 11 th Juli 2010. "surga kecil" seperti yang dikisahkan oleh Edeline adalah tempat yang disebut Gili Trawangan. Gili berarti pulau kecil di dalam bahasa lokal. Pulau kecil ini hanya 338 hektar luas, dipisahkan oleh laut dari Pulau Lombok.

Pergi ke Trawangan dapat di jangkau dengan perahu selama sekitar 30 menit dari Pelabuhan Bangsal yang 25 Km dari bandara Selaparang. Wisatawan seperti Edeline membanjiri pulau kecil terutama pada puncak musimnya bulan Juli dan September dan pada akhir tahun. Tujuan utama para wisatawan tentu untuk menikmati bersihnya pantai berpasir putih, berjemur di sengatan matahari, snorkeling di laut yang biru jernih, berselancar, menyelam, bersepeda, dan cidomo (kereta kuda) naik sekitar pulau. Di Trawangan ada juga penyu menetas pembibitan, burung yang bermigrasi dan udara tercemar.

Pembibitan Penyu Di Gili Trawangan
 Pada musim liburan, 750 sampai 1.000 wisatawan asing berkerumun di Gili Trawangan. Pulau kecil berubah menjadi sebuah "desa dunia". Di jalan-jalan, kafe, hotel, dan pantai, orang-orang kulit putih dari berbagai negara mendominasi pulau. Mereka rata-rata tinggal sekitar 3-4 malam. Jumlah wisatawan asing yang berkunjung kadang-kadang  melebihi dari penduduk setempat berjumlah 1.600 orang.

"Desa dunia" Gili Trawangan memang menggoda. Cobalah untuk datang sesekali, maka dijamin Anda akan ingin untuk kembali lagi. Lagi dan lagi.



RINJANI AND SEGARA ANAK


Danau Segara Anak

Gunung Rinjani
Rinjani, gunung setinggi 3.700 meter di atas permukaan laut merupakan salah satu panorama gunung yang paling indah di Indonesia. Dengan luas 41,3 ribu hektar wilayah di sekitarnya telah ditetapkan sebagai taman nasional. Keunikan Rinjani terletak pada Danau Segara Anak yang membentang 11 ribu meter persegi dengan kedalaman 230 meter. Segara Anak berarti anak laut itu dinamakan demikian karena air sebiru air laut. Air yang mengalir dari danau membentuk air terjun yang eksotis, mengalir melewati jurang yang curam.

Di Segara Anak ada banyak ikan seperti ikan mas dan tilapila. Di sana kita bisa berkemah dan memancing sebanyak yang kita inginkan. Mulai dari Senaru rute yang naik jeda dengan cuaca lembut melalui hutan lebat. Kebanyakan pendaki memilih rute Sembalun untuk menyimpan 700 m dari ketinggian. Di  Sembalun rute agak panjang tapi pesawat dan cuaca hangat karena passesa terik savana.

Pada tahun 2005, rinjani menerima penghargaan untuk " Tourism for Tomorrow 2005" sebagai tiga tujuan wisata terbaik dari World Travel dan Dewan Pariwisata. Setiap tahun ribuan orang datang untuk mengunjungi Rinjani dan Danau Segara Anak nya yang tidak pernah kehilangan pesona.





SENDANG GILE


Keindahan Sendang Gile

Pada Gunung Rinjani ada air terjun yang megah. Orang-orang di sana menyebutnya Sendang Gile. Hal ini terletak di Desa Senaru, Kecamatan Bayan, Lombok Utara. sekitar dua jam perjalanan dari Mataram. Sendang di Sasak dalam bahasa lokal berarti air terjun yang Gile berarti gila. Itu nama demikian karena legenda mengatakan bahwa air terjun ini sengaja ditemukan oleh orang yang diburu singa gila yang merusak desa dan melarikan diri ke hutan.

Air Terjun Sendang Gile memiliki 2-3 tumpukan air yang keluar dari hutan tropis rinjani tropis, dari celah hijau yang mencapai 30 meter tingginya. Tempat ini sangat cocok untuk melepaskan stres dan mencari ketenangan jauh dari keramaian dan hiruk pikuk kota. Ada sebuah kepercayaan di masyarakat bahwa air Sendang Gile memiliki fungsi anti-penuaan dan dapat membantu penyembuhan beberapa penyakit. Bagi mereka, Sendang Gile adalah sumber kehidupan bahwa mereka harus menjaga dari kota Mataram atau Bandara Selaparang, perjalanan ke Sendang Gile bisa memakan waktu 2-3 jam di jalan mulus ke gerbang depan air terjun. Berjalan ke air terjun, kita akan dihibur oleh burung bernyanyi dan monyet lucu. Masyarakat setempat juga menyambut wisatawan dengan keramahan yang ingin menikmati kesejukan air Sendang Gile.

Ada banyak hotel kecil, bagus dan bersih jika kita ingin tinggal di tempat tidur kaki Rinjani dekat Sendang Gile. Sebuah berjalan kaki dari Desa Senaru ke Sendang Gile bisa mengambil sekitar 15-20 menit.



PULAU MOYO


Ada banyak destinasi wisata cantik dan masih perawan di daerah ini. Salah satunya adalah Pulau Moyo. Meski tempatnya terbilang jauh, namun banyak wisatawan datang ke Pulau Moyo untuk menikmati kecantikan pulau ini. Orang luar negeri saja jauh-jauh datang ke Pulau Moyo, masa kita orang Indonesia tidak tahu ada 'pulau surge” di sana begitu Agung Budi Santoso menulis di tribunenews.com. 
Sungai Di Pulau Moyo

Homestay di Pulau Moyo
Keelokan Pulau Moyo memang luar biasa, sebuah tempat yang menawarkan kenyamanan beristirahat yang eksotis dan memikat berkelas dunia. Dengan pantai berair jernih, udara yang jauh dari polusi, terumbu karang yang sehat dan lestari, yang pasti pulau ini sunyi dan jauh dari kebisingan. Sangat cocok bagi mereka yang sehari-harinya hidup di dunia yang sibuk dan bising serta membutuhkan tempat beristirahat. Sudah banyak tokoh-tokoh dunia yang berkunjung ke tempat ini. Rocker gaek Mick Jagger, mendiang Putri Diana dari kerajaan Inggris (ibunda Pangeran William), mantan kiper Manchester United, Edwin Van De Saar, petenis papan atas Maria Sharapova, adalah sederet tokoh dunia yang pernah berlibur di pulau ini. Pulau Moyo adalah destinasi penting yang terus dipromosikan ke seluruh dunia melalui program Visit Lombok Sumbawa 2012.



PESONA "OMBAK KIDAL" PANTAI LAKEY


Berselancar di Pantai Lakey
Salah satu tujuan wisata para peselancar kelas dunia ternyata ada di NTB. Itulah Pantai Lakey di hutan Dompu. Pesona Pantai Lakey telah terkenal hingga mancanegara. Pemerintah NTB bekerjasama dengan pihak kabupaten dan warga setempat telah berupaya meningkat-kan promosi agar destinasi ini lebih dikenal wisatawan. Langkah penting yang ditempuh adalah dengan menggelar even kompetisi peselancar tingkat dunia di pantai tersebut. Dalam kompetisi tersebut para surfer mancanegara maupun dalam negeri adu kebolehan di atas tarian ombak terbaik untuk berselancar. Kegiatan ini menjadi agenda tahunan pariwisata NTB setiap bulan Agustus. Selain terkenal dengan ombaknya, 

Keindahan Bawah Laut Lakey
Pantai Lakey juga di kenal karena keindahan alamnya. Kondisi pasir putih pantai yang sangat bersih dan warna laut yang begitu biru langsung menyegarkan mata kita. batuan koral disekitar pantai ikut melengkapi keindahan yang kita saksikan di Pantai Lakey. Setiap tahunnya pantai ini selalu ramai di kunjungi oleh wisatawan asing, khususnya antara bulan April sampai Oktober, dimana kondisi ombak dan angin sedang bagus-bagusnya. Berselancar di Lakey menjadi tantangan tersendiri karena ombak pantai ini merupakan ombak kidal. Disebut demikian karena sapuan ombaknya ke arah kiri, berbeda dengan ombak-ombak biasa yang cenderung ke kanan. Kegiatan berselancar dapat dilakukan dibeberapa titik yang mempunyai ombak besar seperti Lakey Peak, Lakey Pipe, Nungas, dan Periscope, dan lain-lain. Selain surfing (selancar), kita juga banyak menemui kegiatan wind surfing (selancar angin) dan kite surfing (selancar layang-layang) di sekitar pantai ini.



TAMAN NARMADA


Taman Narda
Taman Narmada pada zaman kekaisaran dulunya tempat peristirahatan dan pemandian dari keluarga kerajaan. Taman Narmada dibangun pada 1727 oleh Raja Anak Agung Ngurah Karang Asem. dua area taman juga digunakan sebagai tempat untuk upacara Pakelem yang diadakan setiap bulan kelima Caka tahun antara Oktober hingga November.

Nama Narmada diambil dari Narmadanadi, Gangga anak sungai yang sangat sakral di India. Sangat mungkin di masa kerajaan, air dari Taman Narmada dianggap suci. Sampai saat ini, ada air mancur dari pemuda di Narmada taman yang diyakini bisa membuat wajah kita tetap sehat dan segar.
Taman Narda
 Terletak di Desa Lembuah, Narmada, Kabupaten Lombok Barat, dapat mencapai dengan hanya 15 menit berkendara dari Mataram. Taman Narmada telah mengalami beberapa restorasi. Pemerintah telah menetapkan Taman Narmada sebagai warisan kompleks bangunan budaya yang keberadaannya banyak dilindungi.




Sumber : http://www.ntbprov.go.id/wisata.php

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments

Leave a Reply

.