Select Menu

sponsor

Select Menu

Flora Fauna

Transportasi Tradisional

Bali

Pantai

Kuliner

» » » Wisata Temanggung


Uong Jowo April 28, 2013 0

Di Jawa Tengah,Temanggung merupakan sebuah kabupaten yang dikenal dengan beragam tempat wisatanya seperti wisata sejarah,wisata kuliner dan masih banyak lagi yang lainnya.


Temanggung merupakan sebuah kabupaten yang berada di Provinsi Jawa Tengah Indonesia. Temanggung,disebelah untaranya berbatasan dengan Kabupaten Kendal,disebelah timurnya berbatasan dengan Kabupaten Semarang dan disebelah selatannya berbatasan dengan Kabupaten Magelang serta Disebelah barat berbatasan dengan Kabupaten Wonosobo.

Secara garis besar,Temanggung merupakan pegunungan dan dataran tinggi yaitu bagian dari rangkaian Dataran Tinggi Dieng. Di perbatasan dengan Kabupaten Wonosobo terdapat Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing. Temanggung terletak di jalan provinsi yang menghubungkan Semarang-Purwokerto. Jalan Raya Parakan-Weleri menghubungkan Temanggung dengan jalur pantura. Untuk daerah yang berbatasan dengan Kabupaten Semarang persisnya di Kecamatan Pringsurat.

Berikut dibawah ini adalah beberapa daftar tempat wisata di Temanggung atau tempat berlibur di temanggung yang mungkin belum pernah anda singgahi ketika anda mampir ke Kota ini.

Taman Rekreasi Kartini 

Wisata Taman Rekreasi Kartini terletak di pintu masuk temanggung sebelah timur, dengan rumah makan puja sera, kolam renang, lapangan basket, lapangan tennis, lapangan voli, hingga lapangan sepak bola.

Monumen Meteorit 

Wisata Monumen Meteorit terletak di Desa Wonotirto, Kecamatan Bulu, di kaki Gunung Sumbing, menjadi tengara peristiwa jatuhnya meteor di ladang penduduk pada 11 Mei 2001.

Monumen Bambang Sugeng 

Wisata Monumen Bambang Sugeng terletak di sebuah bukit kecil, di sebelah timur Terminal Bus Kota; Bambang pernah memimpin pasukannya pada Agresi Militer I (1947) dan Agresi Militer II (1948).


Curug Trocoh 

Wisata Curug Trocoh ini merupakan sebuah tempat wisata bertema air terjun yang terletak di Desa Tawangsari, Kec Wonoboyo, 28 km dari Kota Temanggung, pernah digunakan Pangeran Diponegoro mengumpulkan para panglima perangnya.

Candi Pringapus
Wisata Candi Pringapus bisa anda temukan keberadaannya di Desa Pringsurat, Kec Ngadirejo, 22 Km dari Kota Temanggung, diperkirakan dibangun pada 850, dengan arca Hindu Siwa, dengan relief masih utuh.

Curug Lawe
Wisata Curug Lawe merupakan sebuah tempat wisata bertema air terjun yang terletak di Desa Muncar, Kec Gemawang, 26 km dari Temanggung; terdapat buah cendul khas Gemawang; dicapai dengan berjalan kaki di jalan setapak.

Pikatan Waterpark
Wisata Pikatan Waterpark berada yang berada 2 km dari terminal Kowangan Temanggung, dengan waterslide sepanjang 5 sampai 50 m, kolam renang, ember tumpah, sliding sepanjang 21 meter, jembatan goyang, dll.

Puncak Wonotirto
Wisata Puncak Wonotirto terletak di Kecamatan Bulu, di lereng Gunung Sumbing, dengan pemandangan hutan pinus dan tanaman tembakau, di ketinggian 1.900-2.000 m dpl.

Gunung Sumbing
Wisata TGunung Sumbing merupakan sebuah objek wisata bertema air terjun yang sangat ini,anda bisa menhampirinya di Desa Pager Gunung, Tjepit; pendakian dimulai dari Kledung, Kampung Butuh dan Selogowok; di puncaknya ada makam Ki Ageng Makukuhan yang memperkenalkan tembakau di Kedu.

Gunung Sindoro
Wisata Gunung Sindoro terletak dimana ribuan pecinta alam biasanya melakukan pendakian pada malam 1 Sura; Telaga Ajaib dan bunga edelwis di puncak gunung. Pendakian dilakukan melalui Desa Katekan, Ngadirejo.

Pohon Walitis
Wisata Pohon Walitis berada di Desa Jetis, Kecamatan Selopampang, di kawasan hutan Rasamala, yang merupakan pohon terbesar di lereng Sindoro – Sumbing, dengan tinggi 30 m, lingkar batang 7,5 m.

Umbul Jumprit
Wisata Umbul Jumprit terletak di Desa Tegalrejo, Kecamatan Ngadirejo, di balik sebuah bangunan menyerupai gerbang candi yang telah berusia ratusan tahun; airnya mengalir ke Sungai Progo.

Makam Ki Jumprit
Wisata Makam Ki Jumprit terletak di Desa Tegalrejo, Kec Ngadirejo, tidak jauh dari Umbul Jumprit. Konon Ki Jumprit adalah leluhur masyarakat yang tersebar di lereng Gunung Sindoro – Sumbing.

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments

Leave a Reply

.