Select Menu

sponsor

Select Menu

Flora Fauna

Transportasi Tradisional

Bali

Pantai

Kuliner

» » » Tempat Wisata Salatiga


Uong Jowo May 02, 2013 0

Salatiga, merupakan salahsatu kota yang berada di Provinsi Jawa Tengah,Indonesia. Yang mana kota Salatiga ini Kota ini sepenuhnya berbatasan dengan Kabupaten Semarang. Jarak kota ini dari Kota semarang diperkirakan berjarak sekitar 49 km. Salatiga terdiri dari empat kecamatan, yaitu Argomulyo, Tingkir, Sidomukti, dan Sidorejo. Kota ini berada di lereng timur Gunung Merbabu, sehingga membuat kota ini berudara cukup sejuk dan tentunya kaya akan tempat-tempat wisata.

Berikut dibawah ini adalah beberapa daftar tempat-tempat wisata di Kota Salatiga yang mungkin belum anda kunjungi.

Atlantic Dreamland 

Wisata Atlantic Dreamland terletak sekitar 300 m dari Terminal Tingkir, dengan waterboom, sirkuit ATV, bungee trampoline, Flying Fox 65 m (anak) dan 170 m (dewasa), dan lain lain.


Batik Plumpungan 

Wisata Batik Plumpungan ini terletak di Desa Salatiga dengan motif batik yang terinspirasi oleh batu Prasasti Plumpungan sebagai motif dasar.


Kelenteng Hok Tek Bio 

Wisata Kelenteng Hok Tek Bio ini terletak di Jalan Letnan Jenderal Sukowati no. 13, yang tahun ini merayakan usianya yang ke 139 tahun, dengan tuan rumah Dewa Bumi (Hok Tek Cing Sin).

Perkebunan Karet

Wisata Perkebunan Karet ini terletak di Desa Bugel, Kecamatan Sidorejo, yang dikelola oleh PTP Getas, terdapat tempat untuk berkemah dengan udara yang sejuk di kerimbunan hutan karet.


Sumur Wali
Wisata Sumur Wali ini terletak di Desa Dukuh, Kecamatan Sidomukti,berupa dua belik yang letaknya berdampingan; konon Sunan Kalijaga pernah berwudhu di sumur ini.

Masjid Damarjati
Wisata religi Masjid Damarjati ini keberadaannya terletak di sebuah gang di Jl Beringin, Krajan, merupakan masjid tertua di Salatiga, didirikan pada 1826 oleh Ki Ronosetiko dan Kyai Damarjati.


Enting-Enting Gepuk
Wisata Enting-Enting Gepuk terletak di Dukuh Kalioso dan Nanggulan, Desa Kutowinangun, Kec Tingkir, yang merupakan makanan khas Kota Salatiga dengan bahan baku kacang dan gula.


Gedung Tua
Wisata Gedung Tua Salatiga ini merupakan peninggalan Belanda bermode arsitektur kolonial, diantaranya adalah Gedung Papak (Kantor Walikota Salatiga), Istana Djoen Eng (Institute Roncali).

Prasasti Plumpungan
 Wisata Prasasti Plumpungan ini lokasinya terletak di Dukuh Plumpungan, Desa Kauman Kidul, Kec Sidorejo, berhuruf Jawa Kuno berbahasa Sansekerta yang menceritakan lahirnya Kota Salatiga.

Kerajinan Batu Bong Pay
Wisata Kerajinan Batu Bong Pay lokasinya terletak di sepanjang jalan Fatmawati, Desa Blotongan, Kec Sidorejo, berupa kerajinan batu pahat untuk interior dan eksterior.

Itulah beberapa objek wisata atau tempat di Salatiga yang bisa dijadikan sebagai tempat berlibur anda bersama keluarga khususnya saat libur panjang seperti saat ini.

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments

Leave a Reply

.