Select Menu

sponsor

Select Menu

Flora Fauna

Transportasi Tradisional

Bali

Pantai

Kuliner

» » Teratai Raksasa di Manggarai Timur


Uong Jowo June 25, 2013 17

Ukuran lingkaran dari tumbuhan air yang satu ini bukan main besarnya dan melebihi ukuran dari teratai yang biasa kita jumpai di danau-danau atau rawa. Ingin menjumpainya tidak perlu pergi jauh-jauh ke hutan Amazon karena cukup datang di Kabupaten Manggarai Timur (Matim), Flores, NTT anda bisa melihat teratai berukuran besar di danau teratai raksasa.
sumber foto: www.unik247.blogspot.com/
Bahkan, satwa langka buaya darat juga terdapat di Kabupaten Manggarai Timur, khususnya di Kecamatan Sambi Rampas. Teratai raksasa ini tepatnya ada di Danau Rana Tonjong yang terletak di Desa Nanga Mbeling, Kecamatan Sambi Rampas, sekitar 3 kilometer utara Pota. Luas danau ini  2.200 kilometer persegi dan berada di sebuah dataran rendah yang dikelilingi perbukitan.

       
          Teratai raksasa ini memang menggila di danau itu lantaran seluruh permukaan danau ditumbuhi bunga teratai raksasa atau giant lotus (Victoria amazonica)atau tonjong dalam bahasa setempat. Bunga teratai memang berbunga, sama seperti bunga teratai raksasanya yang satu ini, akan  tetapi tumbuhan ini hanya berbunga sekali setahun pada bulan April dan Mei.
 Di dalam bunga yang sudah mekar terdapat biji-bijian yang dapat dimakan mentah dan memiliki rasa seperti kacang tanah. Entah kenapa, bunga teratai ini tidak dapat tumbuh dan berbunga di tempat lain selain danau itu. Selain di tumbuhi oleh teratai raksasa itu, Danau Rana Tonjong juga  menjadi habitat bagi ikan air tawar, katak, dan tempat mencari makan bagi burung angsa putih.
Selain di Indonesia bunga teratai raksasa, seperti disinggung di atas juga bisa ditemui di  perairan dangkal sungai basin Amazon. Victoria Amazornica adalah genus teratai air terbesar yang ada didunia dan daunnya sendiri dapat tumbuh lebih dari 3 m diameternya dan memiliki berat bisa menyampaiu 70 pound atau 31 kg . Teratai raksasa ini disebut juga sebagai victoria regia setelah ratu victoria di Inggris, ketika di temukan oleh petualang yang bernama Robert Schomburgk pada tahun 1836.
 Teratai (Nymphaea sp.) adalah tanaman air yang banyak diminati para pecinta tanaman hias. Hal ini dikarenakan sosoknya yang anggun, indah, alami dan eksotis sekaligus  dapat menyejukkan pandangan. Selain karena indah, tumbuhan teratai  juga memiliki cara menyesuaikan diri terhadap tempat hidupnya dengan cara yang unik. Berkebalikan dengan kaktus yang hidup di daerah gersang, teratai justru hidup di daerah penuh air dan dapat mengapung di permukaan air. Teratai biasa ditemukan dipermukaan air yang tenang seperti kolam dan danau.
Daun teratai tipis dan lebar, berbentuk bundar atau oval. Bentuk daun ini sangat membantu mempercepat proses penguapan. Permukaan daun tidak mengandung lapisan lilin sehingga airnya jatuh kepermukaan daun tidak membentuk butiran air. (berbagai sumber)

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

17 komentar Teratai Raksasa di Manggarai Timur

  1. Benar-benar besar ya tanaman teratainya. Ukurannya yang lebih besar dari normal menjadikannya sangat unik. Bunganya pun sangat indah.

    ReplyDelete
  2. Bunga air "teratai" tumbuh subur dan mekar indah di Manggarai timur. Dengan ukuran bunga / daun super jumbo.

    ReplyDelete
  3. Wah, saya jadi pingin icip-icip biji yang ada di dalamnya. Saya penasaran, apakah benar rasanya seperti kacang ? Dan amankan untuk di konsumsi ?

    ReplyDelete
  4. Ukurannya besar beda dengan teratai pada umumnya.

    ReplyDelete
  5. Ukuran daun teratai ini seperti ukuran nampan besar untuk membersihkan beras.

    ReplyDelete
  6. Kalau teratai saja bisa mencapai 31kg kebayang beratnya gmna ? hehe

    ReplyDelete
  7. Teratai seperti ini tidak bisa di temukan disemua tempat ya, sayang banget padahal ukurannya yang jumbo membuatnya makin indah.

    ReplyDelete
  8. Kalau teratainya gede2 dan banyak sungainya jadi gak keliatan karena penuh kan ?

    ReplyDelete
  9. Wah teratainya besar-besar ya, jarang ditemukan ya

    ReplyDelete
  10. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  11. Permisi Ya Admin Numpang Promo | www.fanspoker.com | Agen Poker Online Di Indonesia |Player vs Player NO ROBOT!!! |
    Kesempatan Menang Lebih Besar,
    || WA : +855964283802 || LINE : +855964283802

    ReplyDelete
  12. Apply for freely modelling jobs, writers jobs, freelance makeup artists,freelance
    artists jobs, freelance stylist jobs, freelance singers jobs, freelance painters jobs. acting auditions

    ReplyDelete
  13. Celebrations without gifts are incomplete just like cake without cherry. If you want to buy gifts for parents, Christmas gifts, gifts for parents, gifts for grandma etc. gifts for sister

    ReplyDelete
  14. Watch all the news updates and all the trending news and facts about india and
    all the viral and trending news in India. india trending

    ReplyDelete
  15. Find out the best grill microwave oven of best brand along with convection and solo
    Under 5000, 10000, 15000 in India. best microwave oven under 5000

    ReplyDelete
  16. Looking for the quotes in hindi of good morning, inspirational, motivational? Here you can get them all, suvichar, sad, success etc. motivational thoughts in hindi

    ReplyDelete

.