Select Menu

sponsor

Select Menu

Favourite

Jawa Timur

Wisata

Culture

Transportasi Tradisional

Rumah Adat

Bali

Pantai

Seni Budaya

Kuliner

» » » Bhutan, Surga Himalaya Yang Asri Dan Mempesona


Uong Jowo 3:48 AM 1

Bhutan adalah negara terakhir yang dimiliki oleh dunia sebagai negara yang tidak tercemar polusi, selain itu Pemerintahan Bhutan juga sangat menjaga kelestarian tradisi dan budaya setempat sehingga jumlah kunjungan wisata sangat dibatasi kurang lebih 25.000 orang setahun. Saat ini Bhutan juga dikenal sebagai salah satu destinasi termahal didunia, Ia juga dijuluki Shangrilla (Surga) di Himalaya. Sebagian besar dari negara tersebut masih ditutupi hamparan berwarna hijau nan asri namun, Bhutan tidak hanya menawarkan keindahan alam tetapi juga aura spiritual yang sangat kental lewat peninggalan vihara-vihara Buddhis. Business Week menobatkan Bhutan sebagai Negara paling bahagia didunia pada tahun 2006 lalu.
Bhutan merupakan salah satu negara Buddhis, hal ini bisa dilihat dari sejarah terbentuknya negara ini tidak terlepas dari unsur Buddhis. Masyarakat Bhutan menyebut Bhutan sebagai ‘Druk Yul’ atau ‘Tempat Naga’. Sebutan ini diberikan oleh seorang Bhiksu di Tibet. Konon ceritanya bahwa Bhiksu tersebut mendengar suara naga untuk menyebarkan Buddha Dharma di satu tempat dan ternyata tempat tersebut adalah Bhutan sekarang ini, maka Bhiksu tersebut pun menyebut Bhutan adalah Druk Yul.
Ikon wisata yang paling terkenal di Bhutan adalah Tiger’s Nest atau Taktsang Monastery yang percis berada pada tebing jurang yang sangat terjal. Tiger’s Nest ini adalah sebuah vihara yang memiliki sejarah bahwa dulu Guru Padmasambhava bermeditasi di goa yang di atas gunung tersebut dengan menaiki harimau terbang dari Tibet. Oleh karena itulah, tempat tersebut oleh masyarakat Bhutan dianggap sangat sakral dan kemudian pun dibangun vihara dekat goa sakral tersebut. Selain itu, tempat wisata yang tidak kalah menarik yaitu di pusat ibukota Bhutan, Thimpu, terdapat rupang Buddha Perunggu Dordenma yang berukuran raksasa setinggi 169 kaki percis dibangun di kaki gunung, yang disebut dengan Buddha Point. Dari puncak itu, para turis dapat melihat keindahan serta keadaan lingkungan alam sekitar kota Thimpu, sehingga tidak heran bila banyak selebritis dunia seperti Leonardi Dicaprio, Tony Leung, dan selebritis kelas atas lainnya yang melangsungkan pernikahan di Bhutan.
Bhutan sungguh merupakan suatu pilihan yang harus dipertimbangkan bagi kita yang ingin menikmati keindahan alam yang masih asri, dan yang paling terutama bagi yang ingin merasakan spiritual yang mendalam. Kita dapat mengunjung Punakha, kota tua di Bhutan untuk menikmati pemandangan menakjubkan hutan pinus dan sungai punakha serta Dochula Pass yang terletak diketinggian 3050 dan memiliki 108 Stupa.
Takin, hewan nasional Bhutan dapat kita lihat di Sangaygang. Beberapa tempat bersejarah seperti Thimphu Dzong (tempat pemerintahan Raja Bhutan), Heritage Museum yang mendeskripsikan peninggalan bersejarah Bhutan dan Natipnal Memorial Chorten yang dibangun untuk menghormati King Jigme Dorji Wangchuk, raja terdahulu.
Berbagai objek wisata religius lainnya dapat dikunjungi selama mengunjungi Bhutan seperti Kyichu Lhakhang yang merupakan salah satu vihara tertua di Bhutan. Lhakhang Jambhay di Bumthang juga patut dikunjungi karena merupakan salah satu dari 108 candi yang dibangun oleh Raja Tibet Sontsen Gompa.

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

1 komentar Bhutan, Surga Himalaya Yang Asri Dan Mempesona

  1. Sangat menarik ternyata wisata ke Himalaya ini.

    ReplyDelete

.