Select Menu

sponsor

Select Menu

Favourite

Jawa Timur

Wisata

Culture

Transportasi Tradisional

Rumah Adat

Bali

Pantai

Seni Budaya

Kuliner

» » Menara Kembar Petronas Sebagai Refleksi Budaya Islam


Uong Jowo 4:37 PM 0

Menara Kembar Petronas terletak di antara Jalan Ampang dan Jalan Raja Chulan, Kota Kuala Lumpur, Negara Malaysia, Asia Tenggara.
Menara Petronas adalah dua buah bangunan kembar pencakar langit yang berada di pusat Kota Kuala Lumpur dan merupakan ikon kepariwisataan Malaysia.
Sampai saat ini, Menara Kembar Petronas memegang rekor sebagai menara kembar tertinggi di dunia.
Untuk penggunaannya, Menara I (satu) telah digunakan oleh Petronas. Menara II (dua), penggunaannya dengan cara disewakan ke berbagai perusahaan lain seperti : Microsoft, IBM, Boeing, Accenture, Al Jazeera International, Bloomberg, Exact Software, Khazanah Nasional Berhad, McKinsey & Co.
Pada tahun 1998, Menara Kembar ini selesai dibangun setinggi 88 lantai dengan konsep desain interior yang merefleksikan budaya Islam yang mengakar di Malaysia.
Menara kembar ini didesain oleh Cesar Pelli, yaitu seorang arsitek Amerika yang berasal dari Argentina, yang mendesain menara ini dengan bentuk dari corak geometrik yang sering digunakan didalam seni bangunan Islam.

Fasilitas dan Aktivitas Di Kawasan Menara Kembar Petronas
Di Menara Kembar ini terdapat tempat-tempat wisata seperti : Pusat Perbelanjaan (seperti : Suria KLCC), Pusat Sains Petronas, Galeri Seni Petronas, The Aquaria Oceanarium, Petronas Philharmonic Hall dan Taman KLCC. The Ascott dan Hotel Mandarin Oriental juga terletak berdampingan dengan menara ini.

Suria KLCC atau KLCC Suria Shopping Complex
Suria KLCC (Suria Kuala Lumpur City Center) adalah pusat perbelanjaan yang besar dan elit, terletak dibawah menara kembar. Suria KLCC adalah salah-satu pusat perbelanjaan tersibuk di Malaysia.

Pusat Sains Petronas (Petrosains Science Centre)
Disini adalah tempat belajar bermacam-macam ilmu pengetahuan alam secara praktis, letaknya di lantai 4 dan selalu ramai dikunjungi oleh murid-murid sekolah.

Galeri Seni Petronas (Petronas Art Gallery)
Di Galeri ini terdapat kegiatan kelas seni, kegiatan demonstrasi, kegiatan diskusi, letaknya di lantai 3 Suria KLCC.

The Aquaria Oceanarium
Ini seperti Sea World di Jakarta, terdapat 283 spesies berbeda, letaknya berada di lantai bawah di Kuala Lumpur Convention Center.

Petronas Philharmonic Hall
Ini adalah tempat untuk pertunjukkan acara musik klasik hingga musik jazz.

Taman KLCC (KLCC Park)
Taman KLCC (Taman Kuala Lumpur City Center) adalah sebuah taman yang luas dan indah, terletak disebelah menara.
Di Taman KLCC disediakan trek joging, kolam bermain, kolam dengan air mancur simfonik, Orkestra Filharmonik Petronas dan tempat bermain untuk anak-anak.

Desain Bangunan Menara Kembar Petronas
Menara Petronas, tingginya 452 meter (1483 kaki). Oleh arsiteknya, yaitu Cesar Pelli, menara ini didesain dengan motif yang lazim digunakan dalam Seni Islam, ide ini muncul karena mengingat budaya Islam adalah sudah menjadi ciri khas Malaysia.

Skybridge atau Jembatan Udara
Untuk menghubungkan antar dua menara kembar dibuatlah sebuah jembatan, jembatan ini
menghubungkan kedua menara pada lantai 41 dan 42. Didalam keadaan darurat, jembatan ini dapat berfungsi untuk keperluan evakuasi dari satu menara ke menara lainnya, sehingga penghuni yang ada di menara bisa secepatnya pindah ke menara lainnya yang kondisinya aman.
Jembatan ini tidak dipasang secara kaku pada kedua menara, hal ini dilakukan agar ketika menara bergoyang jembatan tidak mengalami kerusakkan. Sebagaimana seperti bangunan tinggi lainnya, Menara Kembar Petronas juga bisa bergoyang karena ditiup angin
Jembatan Udara adalah salah-satu obyek wisata yang ada di menara ini dan telah menjadi tujuan kunjungan wisatawan ketika datang ke Menara Petronas.
Jembatan udara (Skybridge), dapat dikunjungi setiap hari Selasa sampai hari Minggu (hari Senin tutup), mulai jam 08.30 pagi sampai jam 05.00 sore waktu Malaysia.
Untuk naik keatas menara, pengunjung yang boleh naik dibatasi hanya sebanyak 1600 orang saja setiap harinya dan sebelumnya, mulai jam 06.00 pagi waktu Malaysia sudah bisa ikut antrian untuk mendapatkan tiket gratis agar bisa naik keatas menara, setiap satu orang pengantri dapat ikut mengantri untuk mendapatkan tiket maksimal untuk lima orang. Pengunjung bisa naik ke menara sampai ke lantai 42.

Tempat Wisata Favorit
Selain Menara Kembar Petronas, ada beberapa tempat wisata favorit yang banyak dikunjungi oleh wisatawan, antara lain :

Sunway Lagoon
Sunway Lagoon adalah sebuah tempat rekreasi yang sangat cocok untuk rekreasi keluarga. Sunway Lagoon mempunyai permainan air seperti waterbom, permainan-permainan yang bersifat petualangan serta permainan menegangkan yang akan memacu adrenalin pengunjung.
Di Sunway Lagoon terdapat beberapa kawasan bermain, antara lain : Water Park, Amusement Park, Scream Park, Extreme Park, Wildlife Park.

Eye on Malaysia
Eye on Malaysia adalah sebuah kincir raksasa atau roda berputar yang tingginya 60 meter, terletak di Taman Tasik Titiwangsa, disebelah Danau Titiwangsa.
Wisatawan dapat menikmati pemandangan sekeliling Kota Kuala Lumpur dari ketinggian dengan naik gondola yang ada dikincir ini. Terdapat 42 gondola pada kincir ini.

Batu Caves
Batu Caves adalah tiga buah gua besar yang terdapat di Selangor. Gua-gua ini mempunyai daya tarik yaitu didalam gua utamanya terdapat kuil Hindu yang berukiran halus. Disamping gua utama terdapat Gua Ramayana. Di Gua Ramayana ini, pada dinding dalamnya terdapat lukisan gambaran kisah mitos epik India.

Genting
Sebuah kawasan rekreasi yang berudara dingin dan sejuk, terletak diluar Kota Kuala Lumpur. Disini terdapat fasilitas Cineplex, bowling, Genting Sky Venture, Genting X-pedition Wall dan berbagai permainan lainnya.
Genting Sky Venture adalah fasilitas untuk mendapatkan pengalaman terjun payung.
Genting X-pedition Wall adalah sebuah tembok pendakian setinggi 15 meter dan bertaraf internasional.

Beberapa Tempat Wisata Lainnya di Malaysia
Menara KL (Menara Kuala Lumpur)
Menara Kuala Lumpur sering disebut juga dengan sebutan menara RTM (Radio Televisi Malaysia). Menara ini dibuka untuk umum mulai tanggal 23 Juli 1996 dan diresmikan oleh Y.A. Bhg. Tun Dr. Mahathir Mohamad, Perdana Menteri Malaysia keempat pada tanggal 1 Oktober 1996. Menara ini tingginya mencapai 421 m dan merupakan satu-satunya menara didunia yang berada di wilayah hutan lindung. Dari puncak menara, pengunjung bisa melihat suasana Kota Kuala Lumpur yang indah.

Bangunan-Bangunan Penting :
Royal Selangor Club, dibangun pada tahun 1884, bangunan ini digunakan sebagai tempat untuk bertemu komunitas ekspatriat dan klub kriket.
Sultan Abdul Samad Building, dibangun pada tahun 1897, digunakan sebagai gedung pemerintahan pada era Inggris. Gedung ini memiliki menara jam setinggi 41,2 m dan menjadi bangunan terbesar pada masanya.
Cathedral of Saint Mary The Virgin, keunikkan katedral ini adalah memiliki organ tiup yang dibuat oleh Henry Willis pada tahun 1895, Henry Willis adalah salah-satu pembuat organ ternama pada masa itu.
Museum Sejarah Nasional, keistimewaan museum ini adalah memiliki bendera Malaysia yang dikibarkan pertama kali.

Dataran Merdeka
Ini adalah tempat rakyat Malaysia memproklamirkan kemerdekaannya pada tanggal 31 Agustus 1957. Setiap tahunnya, perayaan kemerdekaan Malaysia selalu dipusatkan di sini.
Disini ada tiang bendera setinggi 100 m yang katanya adalah tiang bendera tertinggi di dunia.

Istana Budaya
Istana Budaya adalah tempat pagelaran kesenian ternama.

Pasar Seni
Pasar Seni atau Central Market adalah sebuah bangunan tempat pusat barang kerajinan, disini dijual barang-barang seperti baju batik, bermacam-macam suvenir dan barang kerajinan lainnya. Bangunan Pasar Seni ini bergaya art deco dan didesain oleh TY Lee.

Petaling Street
Kawasan ini dikenal dengan Chinatown. Tempat ini disebut sebagai pusat pedagang kecil dan barang dengan harga paling murah ada dijual disini. Jika ingin membeli suvenir dengan harga paling murah, Petaling Street adalah tempatnya.
Petaling Street adalah satu-satunya pasar yang masih buka hingga tengah malam.

Jalan Hang Kasturi
Disini adalah tempatnya pusat penjualan ikan kering. Berbagai macam ikan kering dan makanan kering lainnya dijual disini.

Berjaya Times Square dan Sungei Wang Plaza
Berjaya Times Square adalah mal terbesar di Kuala Lumpur yang memiliki lebih dari 1.000 toko.
Sungei Wang Plaza adalah tempat belanja yang sudah terkenal dan sering mengadakan program diskon.

Cosmo’s World Theme Park.
Ini adalah tempat bermain didalam ruang terbesar di Malaysia. Terdapat sebuah permainan yang cukup mendebarkan, yaitu roller coaster : Supersonic Odyssey, sepanjang 800 m.

Forest in the City Tour
Kegiatan Forest in the City Tour diadakan disekitar hutan lindung Bukit Nanas secara gratis. Bukit Nanas adalah hutan lindung tertua di Malaysia dan satu-satunya hutan yang berada ditengah kota.

Sri Maha Mariamman Temple
Kuil Hindu tertua ini terletak di Jalan Tun H.S. Lee. Keunikkan kuil ini adalah memiliki pintu menara setinggi 22 m dan dipenuhi ukiran bergambar dewa.

Sze Ya Temple
Kuil ini dibangun pada tahun 1864 oleh Yap Ah Loy salah satu pendiri Kuala Lumpur.
Kuil Sze Ya ini adalah kuil penganut Tao tertua.

Transportasi
Tersedia angkutan umum, seperti taksi, bus, kereta ada 2 macam yaitu : The Putra Light Rail Transit (LRT) dan MRT (Mono Rail Train).

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments

Leave a Reply

.