Select Menu

sponsor

Select Menu

Favourite

Jawa Timur

Wisata

Culture

Transportasi Tradisional

Rumah Adat

Bali

Pantai

Seni Budaya

Kuliner

» » » Singapura Yang Nyaman, Aman, Tertib Dan Bersih


Uong Jowo 5:59 PM 0

Singapura adalah negara yang moderen dikawasan Asia Tenggara, negara ini juga terkenal akan kedisiplinan kebersihannya. Dahulu, Singapura dibawah kekuasaan Inggris dan dijadikan sebagai tempat untuk pelabuhan militer serta benteng. Negara Singapura berada pada posisi lalu-lintas perdagangan jalur laut, sehingga membuat Singapura mempunyai letak yang cukup strategis dan menjadikan pelabuhan di Singapura selalu disinggahi oleh kapal-kapal dagang dari negara lain. Negara Singapura ibukotanya adalah Singapura. Saat ini perekonomian Negara Singapura maju pesat dan telah menjadi salah-satu pusat perdagangan terbesar di Asia. Negara Singapura dikenal juga sebagai tempat tujuan wisata, banyak turis yang datang untuk menikmati suasana di Singapura yang nyaman, aman, tertib, bersih serta memiliki sarana transportasi dan infrastruktur yang baik. Selain dikenal sebagai tempat tujuan wisata kuliner, Singapura juga dikenal sebagai surganya untuk tempat belanja karena banyaknya pusat perbelanjaan yang bertebaran dimana-mana.

Mengunjungi Tempat Wisata Di Singapura :
Orchard Road
Kawasan Orchard Road adalah kawasan yang paling banyak dikunjungi wisatawan, disini banyak terdapat pusat perbelanjaan dan hotel, wisatawan banyak yang belanja sambil santai-santai disini.

Merlion Park
Disini terdapat Merlion, yaitu patung yang berkepala singa berbadan ikan dan Cub (anaknya). Kepala singa melambangkan hewan yang menyerupai singa yang dilihat Pangeran Sang Nila Utama dari Sumatera pada tahun 11 M, sedangkan ekor ikan melambangkan kota kuno “Temasek” (berarti ‘laut’).
Merlion adalah simbol dari Negara Singapura.
Patung Merlion dibuat oleh Mr. Lim Nang Seng dari campuran semen, beratnya hampir 70 ton dan tingginya adalah 8,6 m.
Cub tingginya adalah 2 m, berbobot 3 ton. Badan Cub dibuat dari semen, kulitnya berpelat porselen dan matanya dari cangkir teh kecil berwarna merah. Terdapat tiga patung singa yang terkenal, patung singa yang ketiga terdapat di Sentosa Island.
Tidak jauh dari Merlion Park terdapat Gedung Esplanade -Theaters on The Bay & Esplanade Drive.

Esplanade
Esplanade adalah pusat pertunjukkan/ pagelaran seni di Singapura. Gedung ini adalah tempat diadakannya konser-konser seni dan pameran, gedung ini unik karena bentuknya seperti durian.

Fountain of Wealth
Fountain of Wealth adalah air mancur yang menyemburkan air berbentuk cincin, yang dipadukan dengan pertunjukkan sinar laser. Ada kepercayaan yang mengatakan kalau memegang air yang keluar dari air mancur tersebut, maka akan mendapakan keberuntungan, kesehatan, kebahagiaan dan sebagainya.
Fountain of Wealth terletak dikawasan Suntec City.

Singapore Science Center
Bagi yang menyukai sains/ iptek dapat berkunjung ke Singapore Science Center, tempatnya sangat menarik.
Lokasinya terletak di 15 Science Centre Road.
Jam Buka, mulai jam 10.00 pagi sampai jam 06.00 sore. Setiap hari Senin tutup.

Jurong Bird Park (Taman Burung Jurong)
Jurong Bird Park adalah Taman Burung yang terletak ditengah kawasan industri Jurong dan merupakan salah-satu tempat wisata di Singapura yang banyak dikunjungi oleh wisatawan luarnegeri dan dalam negeri.
Jurong Bird Park luasnya 20,2 hektar dan merupakan taman burung yang terbesar didunia.
Tempat-tempat menarik di Taman Burung Jurong, seperti African Waterfall Aviary, African Wetlands, Bird Discovery Centre, Hornbill and Toucan exhibit, dan lain-lain.
Di Taman ini pengunjung dapat menikmati pemandangan yang indah berserta kehidupan bermacam satwa unggas.
Jurong Bird Park dibuka setiap hari, mulai jam 8.30 pagi sampai jam 6.00 sore.

Singapore Zoo
Di Singapore Zoo, pengunjung dapat melihat ribuan satwa dan juga satwa langka.
Singapore Zoo juga menyediakan wahana bermain untuk anak-anak, seperti Rainforest Kidzworld, komidi putar, naik kuda poni dan lain-lainnya.
Jam Buka, mulai jam 08.30 pagi sampai jam 06.00 sore.

Night Safari (Safari Malam)
Disini pengunjung dapat melihat kehidupan satwa setelah matahari terbenam.
Untuk berkeliling, pengunjung bisa naik trem yang sudah didesain agar mengeluarkan bunyi sehalus mungkin, sehingga tidak mengganggu kehidupan hewan-hewan di Night Safari.
Jam Buka, mulai jam 07.30 malam sampai jam 12.00 tengah malam.

Asian Civilisations Museum
Asian Civilisations Museum adalah museum yang berfokus pada wawasan warisan sejarah budaya Asia.
Jam Buka :
Senin, mulai jam 01.00 siang sampai jam 07.00 malam
Selasa – Minggu, mulai jam 09.00 pagi sampai jam 07.00 malam
(Jum’at acara sampai malam, gratis tiket masuk dari jam 06.00 sore sampai jam 09.00 malam).

Kawasan China Town, Bugis Street, Little India
Disini salah-satu tempatnya untuk belanja, pengunjung dapat belanja dengan harga yang murah meriah. Di China Town masih banyak terdapat bangunan-bangunan lama yang sengaja dipertahankan keasliannya.
Bugis Street, dulu daerah ini adalah pemukiman orang Bugis, Bugis Street terkenal dengan pedagang kaki limanya.
Jika ingin mencari pernak-pernik, makanan khas India banyak terdapat dikawasan Little India, kawasan ini merupakan kawasan dengan nuansa dan masyarakatnya keturunan India. Disini terdapat Shopping Centre yang buka 24 jam, yaitu Mustafa Plaza, letaknya di Syed Alwi Road.

Underwater World
Underwater World adalah sebuah oceanarium tempat untuk menampung hewan laut dari berbagai tempat didunia. Underwater World Singapore mulai dibuka untuk umum pada tahun 1991, Underwater World memiliki sebuah terowongan yang panjangnya 83 meter, dari terowongan tersebut pengunjung bisa menyaksikan batu-batu karang, ikan pari, kura-kura, ikan hiu dan berbagai ikan lainnya.

Butterfly Park & Insect Kingdom
Daerah konservasi ini memiliki koleksi insekta yang terbesar di Asia. Terdapat 3000 spesies insekta yang berbeda dan banyak terdapat juga insekta yang langka., disini juga hidup sekitar 1500 kupu-kupu.
Jam Buka, mulai jam 09.00 pagi sampai jam 06.30 malam

Sentosa Island (Pulau Sentosa)
Sentosa Island adalah Dunia Fantasi yang ada di Singapura, yaitu sebuah tempat rekreasi dengan berbagai macam hiburan menarik, yang dipusatkan disebuah pulau yaitu Sentosa Island. Pulau ini terpisah dari pulau utamanya yaitu Negara Singapura. Di pulau inilah pusat segala hiburan berada. Di pulau ini terdapat banyak sekali tempat rekreasi, permainan dan pada hari libur banyak sekali wisatawan yang datang kesini.
Di pulau ini juga terdapat simbol Negara Singapura yaitu Merlion.

Transportasi Ke Pulau Sentosa
Naik MRT dengan tujuan HarbourFront. Dari HarbourFront, wisatawan dapat ke Sentosa Island dengan menggunakan transportasi :

Cable Car (seperti Gondola yang ada di Ancol dan TMII, Jakarta)
Cable Car menuju Pulau Sentosa dengan melintasi sebuah selat kecil. Dari atas ketinggian 30 meter diatas laut, pengunjung dapat melihat kota Singapura dan pelabuhan Singapura yaitu HarbourFront Center.

Sentosa Express (seperti MRT tapi ukurannya lebih kecil)
Naiknya dari Vivo City (Lobby L, Level 3), warga Singapura banyak yang menggunakan angkutan ini untuk ke Sentosa Island.

Bus Sentosa
Angkutan jalan darat ini dengan menggunakan Bus Sentosa.

Mobil Pribadi atau Taksi
Untuk lebih nyaman, pengunjung dapat menggunakan mobil pribadi atau taksi.

Di Sentosa Island Terdapat Atraksi-aktraksi, seperti :
Fort Siloso Tours, Songs of the sea, Sentosa Cineblast, Sentosa Luge & Skyride, Sentosa 4D Magix, Underwater World, Images of Singapore, Nature Walk – Dragon Trail, Butterfly Park & Insect Kingdom, Flying Fox, Treetop Rope, Rock Climbing Wall, Sentosa Adventure Park, Wave House Sentosa, dan lainnya.
Terdapat juga resort di Sentosa Island yang dilengkapi dengan hotel, casino, universal studio dan shopping center.

Bermalam Di Singapura Dengan Biaya Murah
Backpacker Hostel (di Indonesia semacam Losmen)
Wisatawan bisa menginap di tempat-tempat ini, tarif menginap cukup murah antara S$20 – S$50 per-malamnya.
Tempat penginapan ini kadang tidak mempunyai fasilitas AC, terkadang kamar mandinya ada diluar kamar tidur, sehingga wisatawan harus bergantian menggunakannya dengan wisatawan lainnya (Shared Bathroom). Penginapan jenis ini cocok untuk sendirian dan kurang cocok jika membawa keluarga.
Wisatawan dapat menginap didaerah Little India atau daerah Bugis.

Hotel Kelas Menengah Ke Bawah
Tarifnya antara S$60 – S$100 per-malamnya, setiap kamar ada kamar mandi. Hotel jenis ini cocok untuk membawa keluarga, terutama jika membawa anak-anak.
Wisatawan dapat menginap didaerah Little India, daerah Bugis dan daerah Orchard.

Rangkaian Acara Di Singapura
Pada musim liburan dibulan Juni dan Juli ada beberapa acara yang digelar, seperti Great Singapore Sale (GSS), Singapore Arts Festival, Singapore Food Festival, dan acara lainnya.

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments

Leave a Reply

.