Select Menu

sponsor

Select Menu

Favourite

Jawa Timur

Wisata

Culture

Transportasi Tradisional

Rumah Adat

Bali

Pantai

Seni Budaya

Kuliner

» » Misteri 10 Kapal Hantu Paling Terkenal di Dunia


Uong Jowo 10:15 AM 9

Di lautan, ada berbagai kisah terkenal dan menyeramkan mengenai misteri kapal hantu yang ditakdirkan berada di laut selamanya. Kapal yang tadinya penuh denga kehidupan sekarang hanyalah sebuah struktur tidak bernyawa. Berikut 10 misteri kapal hantu paling terkenal di dunia.

Perlu diketahui bahwa definisi kapal hantu adalah sebuah kapal fiksi berhantu atau dapat juga sebuah penemuan kapal yang seluruh krunya hilang atau meninggal dengan alasan yang tidak jelas.

 1. Ourang Medan 


Pada tahun 1947, sebuah pesan yang berisikan kode morse diterima oleh dari sebuah kapal kargo Belanda, Ourang Medan. Pesan tersebut diterima banyak kapal dan berisikan pesan yang intinya mengatakan semua kru telah meninggal termasuk si pengirim pesan. Dari signal dan pesan tersebut, Tim maritim Belanda dan Inggris dapat menemukan keberadaan kapal Ourang Medan.

Setelah berbagai percobaan, akhirnya sebuah tim penyelamat berukuran kecil dibentuk untuk memasuki kapal tersebut. Yang mengerikan, semua kru telah meninggal dengan keadaan yang benar-benar aneh seakan-akan seperti melihat sesuatu yang sangat mengerikan di langit. Bahkan anjing yang sudah mati juga masih berdiri tidak bergerak. Saat tim berusaha memasuki lebih dalam, tiba-tiba ledakan terjadi dan mereka diharuskan kembali ke kapal penyelamat utama sebelum akhirnya kapal Ourang Medan tenggelam ke kedalaman laut.

Banyak sekali spekulasi dan teori mengenai kisah ini dimulai dari perompak, gas beracun, gas alam, sampai ke hantu dan alien. Mereka mengatakan kapal ini membawa sesuatu yang 'seharusnya' tidak ada. Ini adalah kapal hantu yang benar-benar misterius.


2. The Flying Dutchman



Dapat disebut sebagai misteri kapal hantu paling terkenal di dunia, The Flying Dutchman yang dipopularkan film 'The Pirates of the Caribbean' serta 'Spongebob Squarepants' ini sebenarnya merujuk ke kapten kapal tersebut, bukan kapal itu sendiri.

Kisah aslinya berasal dari Tanjung Good Hope di Afrika Selatan dimana kapal itu dipimpin oleh Kapten Hendrick Van Der Decken yang tujuannya adalah Amsterdam. Walaupun sedang dalam badai yang mencekam, Van Der Decken menolak permintaan para kru untuk memutar kembali kapalnya. Ia malah bernyanyi sambil minum bir dan merokok. Akhirnya karena frustasi, para kru atau awak kapal tersebut memberontak. Van Der Decken yang marah menembak si pengemudi utama dan melempar tubuh pengemudi utama tersebut ke laut.

Dalam kisah tersebut, langit terbelah dan berkata ke Van Der Decken: "Kamu adalah pria yang keras kepala," Sang kapten balik berkata: "Saya tidak pernah meminta pelayaran yang tenang, saya tidak pernah meminta apapun, jadi pergilah sebelum saya menembak kamu juga." Ia mengarahkan pistolnya ke langit dan menarik picu pistol tersebut, namun pistol tersebut malah meledak di tangannya. Penutup dari kisah ini adalah sebuah kutukan yang mengatakan:

"Kamu akan selamanya ditakdirkan mengelilingi lautan, bersama dengan roh mati dari awak kapal. Membawa kematian bagi siapapun yang melihat kapalmu, dan juga tidak akan pernah menemukan kedamaian. Ditambah lagi, kepahitan akan menjadi minumanmu serta besi panas akan menjadi dagingmu."


3. Lady Lovibond



Merayakan pernikahannya, Simon Reed Sang Kapten kapal membawa istrinya, Annette ke atas kapal untuk mengelilingi Portugal. Pada saat itu, membawa wanita ke atas kapal dipercaya membawa kesialan. Yang tidak diketahui Reed adalah perwira pertamanya, John Rivers, juga mencintai istrinya dan karena perasaan cemburu ia mengarahkan Lovibond ke kehancuran di Goodwin Sands, yakni memang sebuah wilayah yang terkenal akan kapal hantu dan kecelakaan kapal.

50 tahun kemudian, 2 kapal yang berbeda dan terpisah melaporkan mereka melihat sebuah penampakan kapal mengarah ke Goodwin Sands. Ditambah lagi, pemancing lokal melaporkan mereka melihat kapal yang hancur di area tersebut namun saat penyelamatan dilakukan, sama sekali tidak ada tanda-tanda kapal di area itu. Kapal Hantu Lady Lovibond dikatakan akan muncul 50 tahun sekali dengan perawakan kapal yang dipenuhi cahaya hijau mengerikan.



4. Young Teazer



Dibuat di tahun 1813, Young Teazer adalah kapal sekunar Amerika yang memburu kapal perdagangan Kerajaan Iggris. Sayangnya nasib kapal ini berakhir buruk, ia dikejar oleh kapal Nova Skotlandia Baru dan kabur ke kedalaman kabut. Tidak lama kemudian, ia dikejar lagi kapal perang HMS La Hogue membuatnya tidak bisa kabur kemana-mana.

Awak kapal La Hogue siap menaiki Young Teazer. Begitu mereka mendekati kapal tersebut, kapal itu meledak. 7 dari kru kapal Young Teazer mengatakan bahwa kapten kapal, Frederick Johnson menjadi gila dengan melemparkan api ke ruang amunisi, membunuh dirinya dan 30 kru lain. Setelah kejadian tragis itu, banyak orang bersaksi bahwa Young Teazer menampakkan dirinya di kedalaman laut dekat Pelabuhan Mahone, Kanada. Hingga sekarang hal itu menjadi legenda dimana sebuah kapal hantu muncul dan lenyap dalam kobaran api. Dikatakan sering terlihat 3 hari mendekati bulan purnama.





5. Eliza Battle



Dimulai pada tahun 1852, Eliza Battle adalah sebuah kapal steamboat mewah untuk para VIP dan Presiden. Sayangnya pada tahun 1858, sebuah kecelakaan terjadi dan api besar melahap kapal ini membuat kapal ini kehilangan kontrol dan tenggelam di kedalaman laut dan sekarang sisa-sisa kapal ini masih dapat ditemukan 28 kaki dari permukana laut di bawah jembatan dekat Alabama State Road 114.

Dirumorkan bahwa pada saat banjir musim semi, dan mendekati malam bulan purnama, kapal steamboat ini akan keluar dari air dan melanjutkan pelayarannya disertai dengan musik dan api yang masih berkobar di geladaknya. Seperti kebanyakan kemunculan kapal hantu lainnya, para pemancing lokal juga percaya bahwa penampakan tersebut menandakan akan malapetaka dan bencana mendekati Sungai Tombigbee.


6. Baychimo



Dibuat pada tahun 1911, Baychimo adalah sebuah kapal perdagangan kulit bulu di sekitar barat laut Kanada dan diketahui pelayaran terakhirnya adalah di tahun 1931 dengan sebab terperangkap dalam es di pesisir pantai kota Barrow dan menyebabkan para kru harus meninggalkan kapal tersebut setelah mengambil berbagai kargo perdagangan di dalamnya.

4 tahun sejak kejadian tersebut ada banyak rumor mengenai penampakan Baychemo sepanjang pesisir pantai Kanada. Berbagai percobaan untuk menaiki kapal tersebut telah dicoba namun banyak yang gagal, mereka yang berhasil, malah terperangkap selamanya di dalam kapal karena cuaca yang buruk. Di tahun 2005, pemerintah Alaska membentuk operasi untuk menemukan "kapal hantu dari Artic." Namun sampai sekarang belum berhasil dan tidak ada yang tahu bagaimana nasib kapal misterius itu.



7. Caleuche



Caleuche Merupakan legenda dari mitologi Chilota, Chile. Ia digambarkan sebagai sebuah kapal hantu yang datang setiap malam di dekat pulau Chiloe, yakni pulau kecil dekat pesisir pantai Chile. Dikatakan kapal itu Caleuche penuh dengan roh orang-orang yang telah meninggal karena tenggelam di lautan. Roh-roh ini dipanggil oleh Sirena Chilota, Pincoya, dan Picoy, yakni 3 roh air dalam mitologi Chilota yang menyerupai putri duyung.

Caleuche sendiri juga digambarkan sebagai kapal yang cantik, penuh cahaya dan selalu dipenuhi musik dan tawa namun hanya akan muncul selama beberapa saat sebelum ia kembali menghilang tenggelam ke kedalaman laut.



8. Kapal Hantu Northnumberland Strait



Dideskripsikan sebagai sebuah schooner ship atau kapal sekunar dengan layar putih murni yang semuanya diselimuti oleh api berkobar. Legenda lokal mengatakan bahwa kemunculan dari kapal hantu ini menandakan bahwa akan ada badai besar yang datang.

Karena penampakan dari kapal ini, para pelaut yang melihatnya sering berusaha menyelamatkan para kru atau awak yang ada di kapal tersebut, namun begitu para pelaut mulai mencari sumber penampakan tersebut maka kapal hantu ini akan hilang secara tiba-tiba. Penampakan terbaru adalah pada tahun 2008, oleh seorang pemuda bernama Mathieu Giguere yang mengatakan melihat "kapal putih dan seterang emas."

9. Octavius



The Octavius atau kapal Octavius ditemukan oleh sebuah kapal pemburu paus di tahun 1775. Kru kapal tersebut menaiki Octavius dan menemukan seluruh awak kapal telah meninggal, seakan-akan beku melihat momen kematian mereka sendiri. Sang Kapten juga ditemukan telah meninggal di kabinnya, dalam keadaan sedang menulis catatannya sendiri. Para kru yang menaiki kapal tersebut kabur ketakutan dengan hanya membawa catatan dari Sang Kapten yang telah meninggal. Catatan tersebut berakhir di tahun 1762, yang berarti kapal Octavius telah ada dalam keadaan tersebut selama 13 tahun.

Octavius sendiri memulai pelayarannya di tahun 1761 dengan asumsi bahwa kapal tersebut terperangkap dalam es saat melewati Alaska Utara. Yang mengerikan dan misteriusnya adalah sesudah kejadian di atas, kapal tersebut tidak pernah lagi dijumpai dan melanjutkan kembali pelayarannya mengelilingi lautan.

10. Mary Celeste



Dipertimbangkan sebagai salah satu kisah kapal hantu nyata yang paling terkenal. Mary Celeste adalah kapal perdagangan yang ditemukan di tahun 1872 dengan keadaan yang masih sangat layak untuk berlayar kembali lengkap dengan persediaan makanannya. Namun yang kurang dari kapal itu adalah kapal penyelamatan darurat, catatan kapten, dan juga seluruh kru yang hilang secara misterius.

Di kapal itu tidak ada tanda-tanda perlawanan dan semua kargo bawaan mereka sama sekali tidak disentuh, hal ini membuat kemungkinan pembajakan sudah tidak mungkin ada. Mengikuti hal itu, tahun-tahun penyelidikan membuat berbagai teori aneh yang emngatakan pemberontakan kru, jamur beracun, badai dan seterusnya. Apapun itu, 13 tahun kemudian Mary Celeste telah berganti tangan selama 17 kali yang semuanya berakhir dengan kematian tragis.

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

9 komentar Misteri 10 Kapal Hantu Paling Terkenal di Dunia

  1. ijin sedot gan, templatenya bagus...

    ReplyDelete
  2. Serem bgt ada 10 kapal berhantu yang paling di takuti di dunia. Kapal Titanic tidak masuk daftar kapal berhantu ya ? Padahal kapal tsb terkenal karena ukurannya yang besar, kecelakaannya tsb menenggelamkan kapal sehingga banyak penumpangnya meninggal dunia.

    ReplyDelete
  3. Bila kapal-kapal ini masih ada keberadaannya hingga saat ini, dan masih di gunakan. Maka kebayang serem ya tuh kapal.

    ReplyDelete
  4. Jadi merinding dengan cerita kapal-kapal berhantu tsb.

    ReplyDelete
  5. Serem juga ya, kapal-kapal ini.

    ReplyDelete