Select Menu

sponsor

Select Menu

Flora Fauna

Transportasi Tradisional

Bali

Pantai

Kuliner

» » » Pulau Beras Basah, Pulau Imut nan Eksotis di Bontang


Uong Jowo November 03, 2012 0

Di Kalimantan memang terdapat banyak sekali pantai yang indah, salah yang paling eksotis ialah Beras Basah, Pantai ini terdapat di sebuah pulau imut (baca: kecil) yang bernama sama dengan pantainya, yaitu Pulau Beras Basah. Terletak di Kota Bontang, Kalimantan Timur. Pulau ini terbilang kecil. Saking kecilnya mungkin luasnya hanya sekitar satu atau dua kali luas lapangan bola. Namun demikian, pulau ini terlihat bersih dengan pantai yang landai dan berpasir putih. Ombaknya pun tidak terlalu besar. Oleh karena itu anda bisa berenang sepuasnya ditempat ini.





Dinamakan Pulau Beras Basah karena dulunya ada kapal besar yang membawa beras dari Sulawesi. Dalam perjalanannya, kapal ini diterjang ombak besar. Khawatir tenggelam, muatan pun diturunkan di pulau ini. Beras pun menjadi basah oleh siraman ombak, sehingga sejak itu disebut Pulau Beras Basah.








Di pantai pulau beras basah ini, Air laut terlihat begitu jernih. Kita dapat melihat berbagai tumbuhan laut dan ikan-ikan kecil dengan mata telanjang. Mercusuar yang terlihat dari kejauhan, menandakan kita sudah dekat dengan bibir Pantai Beras Basah. Pantai Beras Basah memiliki pasir yang putih. Cocok untuk melepas lelah sambil berwisata menikmati pemandangan alamnya yang masih sangat alami.








Pantainya yang berpasir putih lembut sangat memesona dengan air laut yang sebening Kristal. Pulau Beras Basah mempunyai daya tarik sendiri dengan keheningan alami yang menakjubkan. Garis pantainya yang melengkung membingkai air laut yang berwarna biru kehijauan. Bentangan pasirnya yang berwarna putih kecokelatan seperti merica. Lapisan pasir yang kelembutannya seperti sebuah bentangan karpet tebal yang empuk sehingga kaki terasa tenggelam dalam pasir dan telapak kakimu seperti dipijat digelitiki oleh butiran halusnya.








Pulau ini sangat cocok bagi anda ingin berlibur bersama keluarga, teman-teman ataupun bagi anda yang ingin menikmati suasana ketenangan. Panorama pohon kelapa yang tidak terlalu tinggi membuat keunikan tersendiri di pulau ini.








Salah satu ciri khas dari Pulau Beras Basah adalah menara putih. Menara ini berbentuk kerucut berwarna putih mirip menara mercusuar. Entah sejak kapan menara ini dibangun. Kata orang-orang sudah lama menara ini ada dan sampai sekarang masih kokoh berdiri. Dari kejauhan menara ini tampak tinggi menjulang dan terletak di bagian ujung pulau.








Bukan hanya itu saja, para pengunjung Pulau Beras Basah juga bisa melakukan snorkeling untuk menikmati keindahan alam bawah laut yang ada di wilayah itu. Pulau beras basah juga berdekatan dengan pulau menarik lainnya seperti Pulau Segajah, pulau yang hanya muncul saat air laut surut dan kemudian tenggelam saat air Dan juga berdekatan dengan perkampungan nelayan yaitu Selangan. Di tempat itu, terdapat banyak keramba ikan. Anda bisa membeli ikan dan membakarnya langsung disana. (src: berbagai sumber)










«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments

Leave a Reply

.