Select Menu

sponsor

Select Menu

Flora Fauna

Transportasi Tradisional

Bali

Pantai

Kuliner

» » » Air Terjun “Bidadari” Moramo


Uong Jowo June 16, 2013 0

Kenapa banyak air terjun di negeri tercinta kita ini identik dengan legenda bidadari?  Belum cukup dengan Air Terjun 7 Bidadari yang ada di Bandungan, ehh ada lagi air terjun yang bawa-bawa nama bidadari dalam legendanya.

Kali ini adalah Air Terjun Morano yang terletak di kabupaten Konawe Selatan, Sulawesi Tenggara. Konon, dulunya air terjun yang terletak di hutan Suaka Alam Tanjung Peropa ini terkenal dengan legenda tempat mandinya para bidadari yang cantik. Yah, namanya juga legenda ya terserah anda juga mau mempercayai nya atau tidak.
Bagaimana caranya kita kesana? Yang jelas anda harus berada terlebih dahulu di kota Kendari, Sulawesi. Nah, dari Kendari air terjun ini berjarak sekitar 60 km dari sana. Untuk mencapai lokasinya anda bisa menggunakan mobil pribadi atau mencarter mobil-mobil. Pasalnya, angkutan umum yang menuju ke sana sangatlah jarang jadi harus mencarter mobil carteran.

 Dalam perjalanan mata kita dijamu dengan pemandangan indah dalam menuju ke Moramo. Sayangnya, jalanan di sana kurang baik sehingga agak sulit dilewati dan memperlambat laju kendaraan. Jalan menuju air terjun tidaklah sulit dan lama, hanya memakan waktu kurang lebih 20 menit dari bawah.


Sumber foto: www.travel.detik.com 
Namun terlepas dari itu, air terjun ini cukup tinggi juga lho, yaitu mencapai 100 meter. Kalau dilihat kasat mata sihh ada tujuh tingkatan,, tetapi ada yang bilang undakannya sampai 10 tingkat. Nah, inilah salah satu keunikannya bentuk undakannya yang banyak.

 Air terjun ini  sendiri luasnya 38.937 Ha kali pertama ditemukan oleh warga transmigran asal Jawa sekitar 1980-1982 saat membuka hutan untuk memasang jerat anoa. Setelah pembuatan jalan ke lokasi pada tahun 1989, pada tahun 1990 air terjun mulai dibuka sebagai obyek wisata. Dari airnya yang kehijauan, aroma dedaunan yang segar, hawa yang dingin, dan keanekaragaman hayati di dalamnya, tidak  heran juga sih kalau bidadari senang main ke situ.
Suasana di sekitar air terjun sangat tenang dan alami. Kita akan ditemani oleh suara gemerincik air terjun  dan dinginnya airnya pun dapat anda rasakan.  Tak puas berada di bawah dan ingin naik ke atasnya, dengan daerah bebatuan di sekitar air terjun tidak licin anda pun bisa menjelajahi setiap tingkatan di air terjun ini.  Pesona Air Terjun Morano pun dipercantik dengan banyaknya kupu-kupu yang terbang bebas di sekitar kawasan ini. Jika beruntung, anda dapat melihat pelangi sebagai biasan cahaya di sekitar air terjun. (berbagai sumber)

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments

Leave a Reply

.