Select Menu

sponsor

Select Menu

Flora Fauna

Transportasi Tradisional

Bali

Pantai

Kuliner

» » Simbol Kecantikan Para Bangsawan Suku Dayak Diukur Panjang Telinga

Kalimantan
Uong Jowo August 01, 2013 3

Tak cuma suku pedalaman luar negeri yang mempunyai ciri khas tersendiri dalam menyimbolkan kecantikan seorang wanita Di Indonesia, Anda juga bisa menmperolehnya pada Suku Dayak, Kalimantan.
Di suku ini, symbol wanita yang dipandang cantik adalah mereka yang mempunyai telinga panjang.
Hampir serupa dengan yang dilaksanakan oleh para leluhur Suku Kayan di Thailand terhadap keturunan penerus mereka. Adat istiadat yang dijaga secara turun temurun ini sudah dimulai sejak wanita Suku Dayak masih bayi dan cuma dilakukan oleh mereka yang berasal dari keluarga para bangsawan.
Layaknya menggunakan anting-anting di telinga, wanita Suku Dayak juga melaksanakan hal serupa. Bedanya, anting yang mereka pakai terbuat dari kuningan yang selalu ditambah jumlahnya, semakin berat antingnya, maka telinga akan semakin panjang.

Sayangnya, sekarang ini sudah sangat jarang keturunan penerus yang mengabadikan telinga panjang ini. Argumentasinya pun beragam, tetapi kebanyakan mengaku mereka sering diejek ketika berada di sekolah. Suku Dayak yang mempunyai adat istiadat di antaranya ialah Dayak Iban, Dayak Punan Dayak Kayaan, Dayak Taman.

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

3 komentar Simbol Kecantikan Para Bangsawan Suku Dayak Diukur Panjang Telinga

  1. Adat istiadat dari leluhur suku Dayak ini, harus di lestarikan agar tidak hilang di telan zaman.

    ReplyDelete
  2. Beragam sekali adat istiadat yang di miliki negara kita. Keragaman ini harusnya tidak jadi persoalan karena kita "Bhineka tunggal ika". Dan baru saya ketahui, ternyata suku dayak ada beragam jenisnya.

    Di Thailand ada suku leher panjang kalau tidak salah, yang masih mempertahankan adat nenek moyang yang diyakini mereka.

    ReplyDelete
  3. Perbedaan zaman membuat para penerusnya sulit utk meneruskan adat istiadat nenek moyang mereka.

    ReplyDelete

.