Select Menu

sponsor

Select Menu

Flora Fauna

Transportasi Tradisional

Bali

Pantai

Kuliner

» » » Tempat Wisata Menarik di Samarinda

Samarinda, Samarinda City, East Kalimantan, Indonesia
Uong Jowo November 10, 2013 5

Samarinda adalah salah satu kota yang juga merupakan ibu kota Provinsi Kalimantan Timur. Seluruh kota Samarinda berbatasan langsung dengan Kabupaten Kutai Kertanegara dan dibelah oleh Sungai Mahakam yang menjadi gerbang untuk menuju pedalaman Kalimantan Timur. Walaupun sebagai ibukota provinsi Kalimantan Timur akan tetapi ketenaran kota Samarinda masih kalah dengan kota lain di Kalimantan Timur yaitu kota Balikpapan. Tapi walau begitu di kota Samarinda juga banyak memiliki potensi alam yang bisa dijadikan tujuan wisata anda. Tempat wisata di Samarinda bermacam-macam, seperti wisata alam, budaya dan religi yang sering dikunjungi oleh wisatawan.

Air-Terjun-Tanah-Merah-di-Samarinda-Kaltim
Air-Terjun-Tanah-Merah-di-Samarinda-Kaltim
Tempat wisata di Samarinda yang sangat terkenal adalah Air Terjun Tanah Merah yang merupakan salah satu tempat wisata bernuansa alam di Samarinda. Air terjun ini terletak di dusun Purwosari, Kecamatan Samarinda Utara atau kurang lebih sekitar 14 km dari pusat kota Samarinda. Tempat ini sangat pas dikunjungi oleh anda bersama keluarga karena memiliki fasilitas yang lengkap, seperti pendopo yang bisa digunakan untuk tempat beristirahat, area parkir yang luas, warung-warung yang tersebar di sekitar objek wisata dan juga banyak pohon rindang untuk berteduh. Untuk menuju Air Terjun Tanah Merah anda bisa menggunakan kendaraan roda dua, roda empat atau menggunakan angkutan umum trayek Pasar Serigi – Sungai Siring.
Kebun-Raya-Unmul-Samarinda
Kebun-Raya-Unmul-Samarinda
Selain Air Terjun Tanah Merah di Samarinda juga terdapat wisata alam yang tidak kalah dengan menariknya, seperti Air Terjun Berambai, Air Terjun Pinang Seribu, dan ada juga Kebun Raya Unmul Samarinda yang menghadirkan atraksi danau alam serta penangkaran buaya di Makroman yang berjarak kurang lebih 10 km dari pusat kota Samarinda.
Tempat wisata di Samarinda lainnya adalah Desa Pampang yang merupakan desa budaya yang berada di Sungai Siring, Kota Samarinda atau sekitar 20 km dari pusat Kota Samarinda. Di Desa Pampang terdapat Suku Dayak Apokayan dan Kenyah yang sudah didukung oleh pemerintah untuk menjadi sebuah aset wisata budaya untuk wisatawan domestik dan mancanegara.
Rumah-Adat-Suku-Dayak-Desa-Pampang-Samarinda
Rumah-Adat-Suku-Dayak-Desa-Pampang-Samarinda
Di Desa Pampang setiap tahunnya diselenggarakan acara Pelas Tahun yang merupakan peringatan ulang tahun Desa Pampang. Anda bisa melihat eksotisme budaya, sosok masyarakat dan adat istiadat masyarakat Dayak yang unik.
Saat di Samarinda anda juga bisa meluangkan waktu untuk menikmati wisata religi seperti mendatangi objek wisata ziarah di Makam La Mohang Daeng Mangkona yang merupakan pendiri dari Kota Samarinda. Selain itu terdapat juga goa Maria di Rumah Retret Bukit Rahmat, Loa Janan yang dapat ditempuh dengan berkendaraan sekitar 10 km ke arah barat dari pusat Kota Samarinda.
Tempat wisata di Samarinda yang masih bertemakan wisata religi adalah Masjid Shiratal Mustaqiem. Masjid ini merupakan masjid tertua di Kota Samarinda yang terdapat di Kelurahan Mesjid, Kecamatan Samarinda Seberang. Masjid Shiratal Mustaqiem dibangun pada tahun 1881. Masjid ini menjadi pemenang ke-2 di dalam Festival masjid-masjid bersejarah di Indonesia yang diadakan pada tahun 2003.
Masjid-Islamic-Center-Samarinda
Selain itu juga terdapat Masjid Islamic Center yang terletak di Teluk Lerong Ulu. Masjid ini merupakan masjid megah dan terbesar kedua di Asia Tenggara dengan latar depan tepian sungai Mahakam. Masjid ini juga memiliki menara serta kubah besar yang berdiri tegak. Jika anda berencana berlibur ke Kalimantan khususnya ke kota Samarinda, sempatkanlah untuk mengunjungi beberapa objek wisata yang telah saya sebutkan di atas.

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

5 komentar Tempat Wisata Menarik di Samarinda

  1. Loa Janan yang dapat ditempuh dengan berkendaraan sekitar 10 km ke arah barat dari pusat Kota Samarinda.

    ReplyDelete
  2. salam hangat dari kami ijin informasinya gan, dari kami pengrajin jaket kulit

    ReplyDelete
  3. Ada banyak pilihan objek wisata di Samarinda yang bisa di kunjungi nih. Saya sangat tertarik untuk bisa berkunjung ke salah satu objek wisatanya yang indah.

    ReplyDelete

.